Kemenkeu Paling Banyak Rekrut CPNS 2017, Begini Penjelasan Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan alasan pembukaan penerimaan CPNS di Kemenkeu yang mencapai 2.880 formasi pada tahun 2017 ini.

Kemenkeu Paling Banyak Rekrut CPNS 2017, Begini Penjelasan Sri Mulyani
KOMPAS.com/YOGA SUKMANA
Menteri Keuangan Sri Mulyani 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Keuangan membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil ( CPNS) 2017 sebanyak 2.880 formasi. Jumlah ini merupakan yang paling besar dibandingkan rekrutmen yang dilakukan Kementerian/Lembaga lainnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan, alasan pembukaan penerimaan CPNS ini untuk memenuhi kebutuhan pegawai setempat. Pasalnya, dalam kurun waktu lima tahun, atau 2015-2019, akan ada 8.029 pegawai yang pensiun.

"Selama ini karena tidak ada rekrutmen baru, tentu telah mengurangi jumlah tenaga kerja maupun staf di Kementerian Keuangan," kata Sri Mulyani, dalam konferensi pers yang diselenggarakan di Kantor Ditjen Pajak, Jakarta, Kamis (7/9/2017).

Kemudian dalam kurun waktu 2015-2017 terdapat sebanyak 4.708 pegawai pensiun. "Ini yang melatarbelakangi kenapa kami merekrut CPNS," kata Sri Mulyani.

Rekrutmen CPNS Kementerian Keuangan diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan tenaga teknis dan pengawasan keuangan negara.

(Baca: Tujuh Kebiasaan Ini Membuat Orang Sulit Kaya. Apakah Anda Termasuk?)

(Baca: Simak 15 Fakta Unik Tentang Korea Utara Ini. Fakta No 14 Bikin Merinding)

(Baca: Indonesia Buat Empat Kesepakatan dengan Singapura. Apa Saja Isinya?)

Formasi yang ditawarkan untuk tiga jenjang pendidikan, yakni untuk 733 orang Sarjana (S1), satu orang Magister (S2), dan 2.146 orang Diploma Umum (D3).

Dari jumlah tersebut dialokasikan untuk lulusan terbaik (cumlaude) 73 orang (10 persen dari jenjang S1), penyandang disabilitas sebanyak 12 orang, putra/putri Papua dan Papua Barat sebanyak 26 orang, dan umum sebanyak 2.770 orang.

Penyandang disabilitas akan dialokasikan untuk seluruh unit, kecuali Ditjen Bea dan Cukai. Untuk putra/putri Papua dan Papua Barar akan ditempatkan untuk unit yang memiliki instansi vertikal di Papua. (*)

*Berita ini juga tayang di Kompas.com dengan judul : Sri Mulyani Jelaskan Alasan Kemenkeu Rekrut CPNS Besar-besaran

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help