BATAM TERKINI

Hindari Masalah di Imigrasi Singapura, Jangan Lupa Bawa Surat Ini Jika Tak Kantongi KTP

Imbauan itu menyusul kemungkinan pengecekkan identitas (KTP) oleh Imigrasi baik Singapura maupun Malaysia terhadap WNI yang akan masuk ke negara ini.

Hindari Masalah di Imigrasi Singapura, Jangan Lupa Bawa Surat Ini Jika Tak Kantongi KTP
TRIBUNBATAM/INDY
Ilustrasi Singapura 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Sekretaris Disdukcapil Kota Batam, Dewi Rufiyanti mengimbau bagi masyarakat Batam yang hendak bepergian ke luar negeri baik itu ke Singapura atau Johor, Malaysia namun belum mengantongi KTP Elektronik, bisa menggunakan surat pengganti KTP yang dikeluarkan Disdukcapil.

Imbauan itu menyusul adanya pengecekkan identitas (KTP) oleh pihak Imigrasi baik Singapura maupun Malaysia terhadap warga negara Indonesia yang akan masuk ke negara tersebut namun ada catatan kecil.

Misalnya, paspornya sudah penuh atau bermasalah. Saat kondisi tersebut, terkadang ada yang diminta KTP untuk verifikasi. Nah, bagi yang KTP elektroniknya belum keluar, misalnya karena terhambat kekosongan blangko bisa menggunakan surat pengganti KTP yang dikeluarkan Disdukcapil.

Baca: Bikin KTP Elektronik Tak Juga Kelar? Gunakan Surat Ini Sebagai Gantinya

Baca: ALAMAK. Selama 2017, Tak Satu pun Warga di Dua Kelurahan Ini Terima KTP Elektronik

Baca: Bikin Penasaran Netizen, Ini Dia Sosok Bule Ganteng Lulusan Singapura yang Jadi Driver Gojek

"Bagi warga yang ingin berpergian keluar negeri sebaiknya membawa surat pengganti yang telah dikeluarkan oleh Disdukcapil, untuk jaga-jaga," ujarnya.

Surat pengganti yang dikeluarkan dari Disdukcapil tersebut merupakan surat edaran dari pusat, sehingga dapat digunakan di semua instansi. Baik itu untuk kepengurusan di Bank, BPJS, Perusahaan, Imigrasi dan sebagainya.

"Instansi tersebut rata-rata sudah paham, sebab Ini juga memang sudah keputusan pusat,"ujarnya.

Khusus untuk pengecekan Imigrasi di luar negeri, pihak Imigrasi Batam telah melakukan koordinasi dengan pihak Imigrasi luar negeri.

"Jika diminta surat-surat selain paspor oleh petugas Imigrasi luar negeri, bisa menggunakan surat pengganti KTP," ujarnya. (*) 

*Baca berita terkait di Tribun Batam edisi cetak, Sabtu 23 September 2017

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved