Bersiaplah! Tarif Pesawat Kelas Ekonomi Bakal Naik Setelah Kebijakan Ini Keluar

Kenaikan tersebut dilakukan demi untuk keselamatan penerbangan. Yakni bertujuan untuk mengimbangi biaya operasional pihak maskapai.

Bersiaplah! Tarif Pesawat Kelas Ekonomi Bakal Naik Setelah Kebijakan Ini Keluar
tribunnews batam
Sejumlah maskapai penerbangan saat terparkir di Appron Bandara Internasional hang Nadim Batam, belum lama ini. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan tarif batas bawah pada tiket pesawat kelas ekonomi akan naik. Nantinya, tarif batas bawah ditetapkan sebesar 40 persen dari tarif batas atas.

Menurut dia, kenaikan tersebut dilakukan demi untuk keselamatan penerbangan. Sebab, kenaikan tarif batas bawah tersebut untuk mengimbangi biaya operasional.

"Kalau namanya penerbangan ada harga pokok. Harga pokok ini ada hubungannya dengan safety. Bagaimana mungkin orang punya taksi kalo enggak bisa bayar ban. Jadi 40 persen suatu harga yang favourable dan beri suatu kepastian terjaminnya safety," ujar Budi Karya di Jakarta, Senin (16/10/2017). 

Mantan Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk ini menerangkan, kenaikan tarif batas bawah ini hanya pada rute sibuk. Namun dia, tidak menyebutkan rute mana saja yang akan tiketnya mengalami kenaikan. 

Baca: FTZ Terlanjur Campur Aduk, Setelah Dua Tahun BP Batam Akan Berubah Jadi Lembaga Ini

Baca: TERUNGKAP! Ini Dua Alasan Menko Perekonomian Ganti Pimpinan BP Batam

Baca: Tahun Lalu, Sandiaga Uno Pernah Ucapkan Mimpi Ini. Sekarang Jadi Kenyataan

"Kenaikan ini sudah (dibicarakan oleh maskapai). Dan mereka telah setuju," kata dia. 

Penetapan tarif batas atas dan bawah tiket pesawat masih diatur dalam Peraturan Menteri Nomor 14 Tahun 2016 tentang Mekanisme Formulasi Perhitungan Dan Penetapan Tarif Batas Atas Dan Batas Bawah Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga berjadwal Dalam Negeri.

Dalam aturan tersebut, penetapan tarif batas atas pada tiket pesawat kelas ekonomi dihitung berdasarkan komponen tarif jarak. Sementara itu untuk penetapan tarif batas bawah serendah-rendahnya 30 persen dari batas atas sesuai dengan kelompok pelayanan yang diberikan. (*)

*Berita ini juga tayang di Kompas.com dengan judul : Kenaikan Tarif Batas Bawah Pesawat Tingkatkan Keselamatan Penerbangan

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help