Nasib Rusa Raksasa Taman Nasional Kanada: dari Hewan Buruan Tahunan sampai Ditembak Petugas

Jika sedang memimpin para betinanya, elk jantan menjadi sangat agresif dan gampang menyerang manusia.

Nasib Rusa Raksasa Taman Nasional Kanada: dari Hewan Buruan Tahunan sampai Ditembak Petugas
The Hunting Broker
Para pemburu elk di Kanada 

TRIBUNBATAM.ID- Wilayah hutan yang berada di perbatasan Amerika Utara dan Kanada menjadi habitat yang cocok bagi spesies mamalia terbesar elk yang juga sering disebut sebagai rusa berbadan raksasa.

Khusus untuk elk jantan selain dicirikan oleh badannya yang sebesar kuda juga dicirikan oleh tanduknya yang berukuran raksasa dan biasa digunakan bertarung antara sesama pejantan.

Elk kadang berani menyerang para pemburu melalui serangan tandukya dan bila mengenai organ yang fatal pada tubuh manusia bisa menyebabkan kematian.

Baca: Seperti Dikutuk, Penampakan Aneh 8 Hewan Laut Ini Bikin Bergidik !

Tapi sebagai binatang pemakan rumput dan daun-daunan elk juga menjadi sasaran buruan bagi kawanan serigala, beruang, dan harimau.

Petugas Taman Nasional Kanada setiap tahun menyelenggarakan musim berburu untuk mengendalikan populasi elk yang gampang berkembang biak itu.

Jika tidak sedang musim berburu, perburuan elk merupakan kegiatan ilegal dan elk yang diburu pun merupakan pejantan yang sudah tua.

Tapi masalah utama elk harus dikendalikan sebenarnya karena banyak kawasan hutan yang sudah dijadikan lahan peternakan atau pertanian sehingga kemungkinan besar manusia dan elk bertemu menjadi sangat tinggi.

Baca: Bocah 17 Bulan Gigit Ular Berbisa, Tak Disangka Hewan Melata Itu Malah Jadi Begini

Namun kadang dalam kondisi tertentu sejumlah elk terpaksa masuk ke kawasan perkotaan untuk mencari makanan atau sedang menghindari predator seperti yang terjadi pada hari Jumat (3/11/2017) lalu.

Halaman
12
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved