Mustika Rasa

Lupis Pandan, Manis Gurih Beraroma Pandan

Lupis dari pandan, selain wangi juga memiliki warna yang cerah. Jika warna hijau dari daun suji tak sehijau pandan.

Lupis Pandan, Manis Gurih Beraroma Pandan
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

KUE lupis, kue tradisional ini masih banyak peminatnya. Meski banyak serbuan aneka makanan modern, namun lupis tetap disukai oleh banyak orang.

Lupis merupakan makanan yang berbahan dasar dari beras ketan. Lupis tidak diketahui pasti asal muasalnya. Karena masing masing daerah meng-klaim bahwa makanan tersebut berasal dari daerahnya.

Di Batam sendiri, kue lupis banyak dijual online maupun dijual di tempat-tempat penjualan kue tradisional. Satu diantaranya adalah lupis pandan Nyonya Manies Batam.

"Lupis Pandan Nyonya Manies mempunyai ciri khasnya beraroma pandan, manis, lembut dan berwarna hijau. Biasanya lupis identik berwarna pucat (putih), kini dengan warna hijau membuat lupis terlihat segar dan wangi pandan," kata Dewi selaku pembuat lupis pandan Nyonya Manies.

Baca: Pangsit Rendang Gonggong, Renyah Gurih Dicampur Bumbu Rendang

Baca: CATAT! Ini Dia Tiga Resep Stik. Cocok Disajikan saat Natal

Baca: Abon Daging Ayam Pedas, Cocok Disandingkan Nasi Hangat

Lupis dari pandan, selain wangi juga memiliki warna yang cerah. Tetapi kalau menggunakan warna hijau dari daun suji juga bisa tetapi tidak sehijau saat menggunakan pandan.

Agar lebih terasa pandannya dan aromanya, saat rebusan menggunakan daun pandan, kuah gula menggunakan daun pandan juga.

Aroma yang khas dari pandan membuat lupis begitu manis. Selain itu rasa lupis terasa lembut bisa dengan cara tidak menggunakan kapur sirih, sehingga lupis terasa begitu lembut.

Halaman
12
Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help