Mustika Rasa

Ikan Asap Khas Anambas, Nikmat Dicampur Sambal Dabu-dabu

Ikan asap tongkol bertekstur lembut dan tidak berbau amis. Selain terasa pedas, rasa manis dari ikan juga masih terasa.

Ikan Asap Khas Anambas, Nikmat Dicampur Sambal Dabu-dabu
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

KEPULAUAN Anambas Kepri kaya akan hasil lautnya. Dan yang tidak bisa ketinggalan saat berada di sana adalah membawa oleh-oleh alias buah tangan ikan asapnya.

Ikan asap di Anambas sangat terkenal, rasanya yang enak dan segar, membuat ikan asap ini kerap dijadikan bahan utama aneka makanan. Ikan asap juga bisa dikonsumsi secara langsung karena sudah dibuat dalam keadaan masak.

"Kalau di Anambas itu ikan asap khasnya adalah ikan tongkol. Tarempa memang terkenal dengan ikan tongkol, biasanya langsung dari nelayan diasapin, baru kirim ke Batam," kata Juniarti, pemilik La Luna Tarempa di Kampung Kuliner La Vinca, Batam Centre.

Juniarti mengatakan, ikan asap terasa nikmat dimasak apapun. Baik itu disambal ataupun digulai. Dan untuk makanan khas dari Tarempa dari ikan asap ini adalah ikan asap tongkol lada garam.

"Ikan asap tongkol lada garam ini menggunakan cabai hijau. Dan ini menjadi makanan khas dari Tarempa buat ikan asapnya. Makanan tradisional tetapi banyak digemari," kata Juniarti.

Baca: Lupis Pandan, Manis Gurih Beraroma Pandan

Baca: Pangsit Rendang Gonggong, Renyah Gurih Dicampur Bumbu Rendang

Baca: CATAT! Ini Dia Tiga Resep Stik. Cocok Disajikan saat Natal

Ikan asap tongkol memiliki rasa pedas, tetapi gurih pula dari ikan tongkol dan bumbu sederhananya. Ikan asap tongkol bertekstur lembut dan tidak berbau amis. Selain terasa pedas, rasa manis dari ikan juga masih terasa.

Selain dimasak lada garam, ikan asap tongkol juga bisa diolah dengan dengan bumbu lainnya, yaitu ikan asap tongkol dabu-dabu. Dan seperti yang kita tahu, kalau dabu-dabu bersambal mentah, jadi cocok jika disandingkan dengan ikan asap tongkol.

Halaman
12
Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help