Hangout

Sesekali Cobalah Berlibur ke Perpustakaan. Tersedia Internet Gratis Lho!

Perpustakaan yang dibuka Juli 2013 ini merupakan keinginan dari pembina yayasan karena melihat minimnya minat baca.

Sesekali Cobalah Berlibur ke Perpustakaan. Tersedia Internet Gratis Lho!
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

PERPUSTAKAAN di Batam terbilang sangat minim dan bisa dihitung dengan jari. Dan kali ini di tengah kota, tepatnya di Nagoya terdapat perpustakaan yang kini dibuka untuk umum, dan terletak di masjid Jabal Arrafah.

Walaupun berada di dalam masjid, perpustakaan ini dibuka untuk siapa saja yang ingin menambah wawasan dengan membaca buku. Tempatnya yang cukup nyaman untuk ‘me time’ saat liburan seperti saat ini.

Sebelum masuk ke masjid jika dari bawah yang melewati tangga bewarna putih, perpustakaan ini terletak berada di sebelah kiri. Sebelum masuk, kita akan mengisi buku pengunjung terlebih dahulu.

Meski ukurannya tidak begitu luas, namun di setiap sisi terdapat rak-rak yang tersusun buku-buku. Selain itu ada pula rak lingkaran yang berada di tengah-tengahnya. Saat masuk kita harus melepas alas kaki terlebih dahulu, dan di dalam perpustakaan sudah diberi karpet tebal yang nyaman.

Di bagian depan terdapat sebuah sofa dengan dua bagian, menghadap pintu dan menghadap ke buku. Di depan sofa juga terdapat sebuah televisi dan di sampingnya terdapat komputer. Selain itu, terdapat sekitar tujuh komputer lengkap dengan akses internet yang bisa dimanfaatkan secara gratis.

Dengan sudah beralaskan dengan karpet, kamu bisa saja duduk lesehan di bawah tanpa harus duduk di kursi. Menurut Sulasmono, Penanggung jawab perpustakaan mengatakan bahwa karpet sering dibersihkan dan tidak masalah jika ingin duduk di bawah.

Perpustakaan yang dibuka Juli 2013 ini merupakan keinginan dari pembina yayasan karena melihat minimnya minat baca di Indonesia. Dan melihat hasil survei dari UNESCO tahun 2010, hanya 0.001 persen dibandingkan dengan negara tetangga. (*)

Baca: Nongkrong di Cafe HOB, Hommy & Cozy Bernuansa Palet

Baca: Menikmati Sunset Laut Batam di Atas Villa Terapung

Baca: Di Dalam Mal Ini Anak-anak Bisa Main Flying Fox, Lho!

Halaman
12
Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help