Mellennial

Musim Dingin Bawaannya Pengen Ngemil. Begini Triknya Agar Tak Gemuk

Seseorang bisa menghadapi suhu normal antara 24-27 derajat celcius. Jika suhu udara di bawah itu biasanya orang kedinginan.

Musim Dingin Bawaannya Pengen Ngemil. Begini Triknya Agar Tak Gemuk
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

BEBERAPA hari belakangan, wilayah Kepulauan Riau dan Singapura dilanda cuaca cukup ekstrim. Jika biasanya suhu udara di Batam cukup panas menyengat, selama beberapa hari suhunya cukup rendah bahkan mencapai 22 derajat celcius.

Bukan itu saja, dinginnya suhu udara juga disertai hujan serta gerimis yang turun hampir seharian. Akibatnya, banyak yang memilih tetap berada di dalam rumah dan enggan beranjak ke luar rumah untuk melakukan aneka aktifitas yang tak terlalu penting.

Lantas, apakah musim dingin tersebut bisa mengganggu kesehatan kita?

"Seseorang bisa menghadapi suhu normal antara 24-27 derajat celcius. Jika suhu udara di bawah itu biasanya orang sudah merasakan kedinginan. Akibatnya, aktivitas outdoor berkurang tapi makan jadi makin banyak," kata dr Brain Gantoro SpGK, Spesialis Gizi Klinik rumah sakit Awal Bros, Sabtu (13/1/2017) kepada Tribun di ruangannya.

Di saat cuaca yang cenderung dingin, dr Brain mengatakan, tubuh biasanya akan semakin berat atau makin gemuk. Karena cuaca dingin merangsang meningkatnya metabolisme tubuh. Apalagi ditambah berkurangnya aktivitas fisik.

Baca: Micro Bag, Tas Mungil Menawan Ini Lagi Happening Lho!

Baca: AWAS! Asal Korek Telinga Bisa Bahaya. Simak Cara yang Benar

Baca: Perhatikan Tiga Hal Penting Ini Sebelum Susun Resolusi Awal Tahun

"Kalau gampang sakit itu berhubungan dengan daya tahan tubuh. Tubuh akan mengompensasi agar suhu tubuh meningkat. Dan prosesnya tidak sebentar tapi butuh sehari sampai setengah hari agar berkompensasi dengan baik," ujar dr Brain.

Dengan perubahan cuaca seperti yang kita alami ini, daya tahan tubuh seakan diuji. Segala macam penyakit bisa menyerang. Hanya saja, semua terpengaruh antibodi masing-masing.

"Yang paling banyak menyumbang kalori adalah nasi. Jika aktivitas fisik berkurang, ada baiknya porsi makanan nasi dikurang. Namun tetap diimbangi dengan asupan yang cukup dari sayur dan buah. Jangan lupa untuk mengonsumsi ikan sesekali diselingi daging atau cemilan," ungkapnya.

Walaupun tidak melakukan aktivitas fisik di luar ruangan, bisa juga melakukan olahraga ringan dalam rumah. Kamu bisa senam, berlari di tempat, push up. Dan masih banyak yang bisa dilakukan. Termasuk membersihkan rumah. Mudah kan? (*)

Tips Jaga Bentuk Tubuh Saat Musim Dingin
1. Pastikan asupan makanan sesuai empat sehat lima sempurna
2. Kurangi asupan nasi dan tambahkan porsi lauk, sayur dan buah
3. Sesekali lakukan gerakan pada tubuh, walaupun hanya lima menit
4. Banyak minum air putih yaitu dua liter per hari.
5. Banyak konsumsi protein. Seperti daging tanpa lemak, putih telur, kacang-kacangan, hingga susu rendah lemak
6. Bisa ditambah konsumsi suplemen alami. Misalnya madu atau air kelapa. (*)

Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help