Mellennial

Bau Mulut Bikin Nggak Percaya Diri? Simak Cara Mengatasinya di Sini

Makanan yang menumpuk pada lubang gigi jika tidak rajin dibersihkan akan membusuk dan mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

Bau Mulut Bikin Nggak Percaya Diri? Simak Cara Mengatasinya di Sini
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

BAU mulut tak sedap kerap membuat orang kehilangan rasa percaya dirinya. Apalagi saat harus
bertemu dan berhadapan dengan orang lain, tentu rasa percaya diri jadi menurun. Dan malah membuat orang enggan untuk banyak bicara.

"Bau mulut yang tidak sedap biasanya disebabkan penumpukan bakteri pada gigi, gusi, dan lidah. Umumnya, kondisi tersebut muncul ketika terjadi penurunan kadar air liur yang berperan sebagai pembersih bakteri atau kebersihan gigi kurang. Mulut kering, hingga gusi berdarah," kata dr Juanna Soehardy, spesialis dokter gigi di Rumah Sakit Budi Kemuliaan Batam, Jumat (26/1/2018).

Dr Juanna juga mengatakan, sisa makanan yang telah menempel bertahun-tahun karena mulut yang kurang dijaga kebersihannya akan menempel di bagian gigi. Sehingga kotoran yang menempel pada gigi akan menjadi karang gigi dan mengeras. Akhirnya, akan menimbulkan aroma tak sedap bagi seseorang.

Gigi berlubang juga faktor utama yang diketahui oleh semua orang. Makanan yang menumpuk pada lubang gigi jika tidak rajin dibersihkan akan membusuk dan mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Maka gigi berlubang perlu dikontrol atau perlu dicabut.

Baca: Tampil Simpel & Stylish Berbalut Jumpsuit

Baca: Cover Lagi Artis Nggak Boleh Asal Lho! Cek Aturannya Yuk!

Perlu diketahui bau mulut tidak hanya disebabkan oleh sisa makanan yang menempel di mulut, seseorang yang memiliki penyakit pada bagian dalam misalnya asam lambung, hingga kencing manis akan memiliki aroma bau mulut yang tidak sedap.

"Kalau misalnya giginya udah bagus, tidak berlubang dan tidak memiliki karang gigi. Penyebab bau mulut bisa disebabkan oleh penyakit pada organ dalam. Misalnya orang asam lambumg yang sudah naik asamnya, bau mulut akan tidak sedap dan saat mulut terbuka bau asam yang khas akan muncul," jelasnya.

Penyebab bau mulut juga bisa dikarenakan proses sikat gigi yang tidak benar, selain itu sikat gigi juga harus rutin diganti. Karena dari brush yang sudah kasar, maka akan membuat gusi berdarah sehingga membuat gusi berdarah.

"Gusi sering berdarah itu bisa karena tubuh yang tidak sehat, hormon, sampai bulu sikat gigi yang sudah kasar. Jadi membuat gusi berdarah," ungkapnya. (*)

Tips Mencegah Bau Mulut
1. Jangan terlalu banyak makan-makanan manis.
2. Sikat gigi rutin selama dua kali sehari. Sesudah sarapan dan sebelum tidur saat malam hari.
3. Cara menyikat gigi dari atas ke bawah dan gerakan memutar di bagian luar dan dalam gigi
4. Ganti secara rutin sikat gigi, bisa tiga bulan sekali. Satu orang, satu sikat gigi
5. Rutin bersihkan karang gigi yaitu enam bulan sekali. (*)

Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help