Motion

KREATIF! Kaum Muda Tionghoa Tanjungpinang Bersatu dan Lakukan Hal Ini

Anak-anak muda Tionghoa Tanjungpinang bersatu untuk berbuat kebaikan dan terlibat dalam kegiatan sosial dengan cara yang kreatif.

KREATIF! Kaum Muda Tionghoa Tanjungpinang Bersatu dan Lakukan Hal Ini
ISTIMEWA
Anak-anak muda Tionghoa Tanjungpinang melakukan berbagai kegiatan termasuk mencari dana sumbangan untuk korban bencana. 

AWALNYA mereka hanyalah komunitas anak-anak muda Tionghoa yang bersatu untuk berbuat baik dan terlibat dalam kegiatan sosial.

Namun, perlahan-lahan mereka mulai menjadikan komunitas itu sebagai ajang pencarian bakat dan penampung kreativitas kaum muda Tionghoa. Mereka kemudian kian mempererat persatuan dengan membentuk sebuah ikatan.

"Akhirnya pada tahun 2009 kami membentuk wadah bersama yang diberi nama Ikatan Tionghoa Muda (ITM) bersama pemuda-pemuda Tionghoa dari berbagai daerah," ungkap Edyanto, ketua dewan pengurus provinsi ITM Kepri.

Mereka berasal dari berbagai daerah, semisal Medan, Bali, Kepri, Jakarta, Bandung dan Singkawang. Waktu demi waktu kelompok tersebut berkembang begitu cepat. Saat ini, mereka sudah membentuk tiga dewan pengurus cabang Tanjungpinang, Batam dan Bintan.

"Calon pengurus untuk cabang Karimun dan Lingga sudah ada. Semoga akhir 2018 ini semua dewan pengurus cabang telah terbentuk," harap Edyanto.

Anak-anak muda ini terus memupuk semangat kebersamaan dan rasa senasib. Mereka lalu hadir sebagai pengontrol kebijakan dan pembangunan dan penyalur aspirasi kaumnya serta menjalin interaksi komunikasi dengan pihak lain.

"Kami selalu tampil untuk menjembatani kerja sama dan wahana penghubung antara masyarakat Tionghoa dengan masyarakat lain. Kami juga mengangkat citra budaya Tionghoa dan memberdayakan potensi anak-anak Tionghoa," jelas Edyanto.

Semangat inilah yang membuat ikatan tersebut berkembang pesat dalam berbagai kelompoknya. Ada ITM Siaga, ITM Peduli, Perempuan ITM, Relawan ITM, ITM Charity Produk - Love Project, ITM Junior, ITM Fotografer, Pusat Pelatihan Kesenian Budaya Tionghoa - Sanggar BERMUDA, ITM Entrepreneurship - Young Chinese Entrepreneurship, Medis ITM - TIM METODA dan Pusat Broadcast Informasi ITM - Radio Inspirasi FM. 107.8 Mhz. (*)

Miliki Unit Pemadam Kebakaran Sendiri

KEHADIRAN anak-anak muda Tionghoa ini begitu terasa. Sebut saja, saat musibah kebakaran di daerah Teladan Tanjungpinang beberapa waktu silam.

Halaman
12
Penulis: Thom Limahekin
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help