Minim Komputer, Ujian Nasional Berbasis Komputer di Anambas Baru Sekolah Ini

SMKN 1 menjadi satu sekolah yang siap untuk melaksanakan UNBK. Syarat untuk menerapkan UNBK ini, salahsatunya ketersediaan komputer

Minim Komputer, Ujian Nasional Berbasis Komputer di Anambas Baru Sekolah Ini
Tribunbatam/Septyan Mulia Rohman
Suasana salahsatu Sekolah Dasar di Desa Nyamuk Kecamatan Siantan Timur. Pelaksanaan Ujian Nasional pada tingkat SD dan SMP di Anambas masih menggunakan kertas dan pensil. Sarana dan prasarana yang masih minim, menjadi faktor penerapan UNBK masih sulit dilakukan di Anambas. Foto diambil beberapa waktu lalu 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS-Penerapan Ujian Nasional di Anambas masih menggunakan sistem manual. Asiah, Sekretaris Dinas pendidikan, pemuda dan olahraga Kabupaten Kepulauan Anambas mengatakan,

beberapa hal mendasar menjadi kendala dalam menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada jenjang Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Baca: Heboh! Wanita Cantik Ini Minta Suami kepada Presiden Jokowi! Mengejutkan Alasannya!

Baca: Terungkap! Inilah Kode Rahasia Percakapan Pilot Saat Terbang! Kata Mayday Paling Bikin Merinding!

Baca: Terungkap! Inilah 4 Fakta Dramatis Pasukan Marinir! Nomor 4 Bikin Gemetar!

"Masih menerapkan kertas dan pensil. Masih banyak sarana dan prasarana yang harus dilengkapi. Mulai dari komputer‎, hingga akses internet yang belum memadai," ujarnya Kamis (15/3/2018).

‎Ia menjelaskan, pelaksanaan Ujian Nasional dilakukan sesuai Keputusan Menteri Pendidikan sebagai penentu ‎nilai kelulusan bagi pelajar ke jenjang yang lebih tinggi. Saat ini, baru beberapa sekolah di Anambas bisa untuk melaksanakan UNBK,

salahsatunya SMKN 1 Anambas yang berlokasi di Desa Air Asuk Kecamatan Siantan Tengah. Hanya saja, kewenangan SMA/ sederajat yang kini beralih ke provinsi menjadi sebab lain ‎dalam merealisasikan UNBK di kabupaten.

"SMKN 1 menjadi satu sekolah yang siap untuk melaksanakan UNBK. Syarat untuk menerapkan UNBK ini, salahsatunya ketersediaan komputer yang minimal terdapat dua puluh unit komputer dalam satu ruangan," bebernya.

Kepala dinas pendidikan, pemuda dan olahraga Kabupaten Kepulauan Anambas, Andi Agrial sebelumnya optimis kalau pelaksanaan UNBK bisa dilakukan di Anambas. Beberapa sekolah yang ada, diakuinya telah mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung untuk merealisasikan Ujian nasional Berbasis Komputer (UNBK) itu.

"Pada prinsipnya kami optimis. Ada beberapa sekolah, seperti sekolah pada jenjang SMA/SMK yang sudah mempersiapkan sarana dan prasarananya. Mudah-mudahan bisa terealisasi pada tahun ini," ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Sesuai jadwal, ‎pelaksanaan Ujian Nasional pada tingkat SD/sederajat dilaksanakan pada tanggal 3 Mei 2018 yang akan diikuti oleh 926 siswa. Kemudian, untuk tingkat SMP/sederajat yang dilaksanakan pada tanggal 9 April 2018 dengan 821 peserta ujian nasional, dan SMA/sederajat pada 19 Maret 2018 yang bakal diikuti oleh 446 siswa. (*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help