Home »

Techno

» News

Bocor, Bocor! Data 1 Juta Pengguna Facebook Indonesia Dicuri. Data Kamu Termasuk?

Indonesia termasuk salah satu negara dengan kebocoran data Facebook terbesar, ada di peringkat ketiga

Bocor, Bocor! Data 1 Juta Pengguna Facebook Indonesia Dicuri. Data Kamu Termasuk?
AFP
Skandal Facebook 

TRIBUNBATAM.ID - Facebook belakangan mendapat sorotan dunia internasional lantaran mengalami kebocoran data sebagian penggunanya ke perusahaan pihak ketiga bernama Cambridge Analytica.

Bocoran informasi pribadi dari para pengguna facebook tersebut lantas digunakan sebagai senjata untuk keperluan politik, dengan membentuk opini tertentu di jejaring sosial.

Jumlah persis dari pengguna Facebook yang datanya bocor dalam kasus tersebut belum diketahui pasti, hingga kemudian pada 4 April kemarin Facebook merilis keterangan bahwa angkanya bisa kisaran 80 juta pengguna.

Baca: CEO Facebook Akui Pihaknya Mematai-matai Isi Messenger para Penggunanya, Tak Ada Lagi Privasi?

Baca: Derita Bayi Lintang, Penderita Ensefalokel. Jaringan Otaknya Berada di Luar Tengkorak Kepala

“Secara total, kami pikir informasi Facebook 87 juta orang -kebanyakan di Amerika Serikat- kemungkinan telah dibocorkan ke Cambridge Analytica,” tulis Facebook dalam keterangannya, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Kamis (5/4/2018).

Indonesia termasuk salah satu negara dengan kebocoran data Facebook terbesar.

Menurut Facebook, data milik lebih dari 1 juta pengguna media sosial tersebut di Tanah Air telah bocor ke Cambridge Analytica.

Indonesia duduk di urutan ketiga dalam hal ini, setelah Amerika Serikat dengan kebocoran data 70,6 juta pengguna Facebook dan Flipina dengan kebocoran data 1,1 juta pengguna Facebook.

Negara-negara lain dalam daftar lokasi kebocoran data pengguna Facebook termasuk Inggris, Meksiko, Kanada, India, Brasil, Vietnam, dan Australia yang masing-masing paling tidak mencatat angka ratusan ribu.

Daftar negara yang data pengguna facebook bocor
Daftar negara yang data pengguna facebook bocor (facebook)
Halaman
123
Editor: dwie sudarlan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help