Gubernur Nurdin Lantik Dali Kepala Disdik Kepri, Inilah Kisah Tak Terungkap di Balik Pelantikannya!

Inilah kisah tak terungkap di balik pelantikan Kepala Disdik Kepri pengganti Arifin Nasir, termasuk kasak-kusuk yang mewarnainya

Gubernur Nurdin Lantik Dali Kepala Disdik Kepri, Inilah Kisah Tak Terungkap di Balik Pelantikannya!
tribunbatam/thom limahekin
Gubernur dan pejabat teras Pemprov Kepri berfoto bersama M Dali, Kepala Disdik Kepri yang baru dilantik, Selasa (3/7/2018) 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG-Muhammad Dali akhirnya resmi menjadi kepala Dinas Pendidikan Kepri pada Selasa (3/7/2018) pagi.

Selama ini, Dali menjabat Kabid SMK di Disdik Kepri. Dia dilantik Gubernur Kepri H Nurdin Basirun di Gedung Daerah Tanjungpinang di tengah kasuk-kusuk di tengah masyarakat tentang kasus penyalahgunaan anggaran di dinas tersebut.

Untuk meraih jabatan itu, Dali harus bersaing dengan kedua pejabat lain, Atmadinata dan M Yunus. Sampai saat ini, Atmadinata menjabat Kabid SMA di Disdik Kepri. Sedangkan Yunus yang sebelumnya berada di Disdik Kepri, kini menjadi pejabat di BLH Kepri.

Baca: Mengenal Tim Nanggala! Intelijen Tempur Kopassus Yang Sering Gunakan ‘Nama Wanita’ Sebagai Kode

Baca: Mengenal Jenderal Hoegeng, Kapolri Paling Legendaris di Kepolisian. Ini Sepak Terjangnya!

Gubernur Kepri melantik M Dali Kepala Disdik Kepri di Gedung Daerah Tanjungpinang, Selasa (3/7/2018)
Gubernur Kepri melantik M Dali Kepala Disdik Kepri di Gedung Daerah Tanjungpinang, Selasa (3/7/2018) (tribunbatam/thom limahekin)

Baca: Mau Racun Tubuh dan Stres Menghilang? Cobalah Rendam Kaki Anda ke Dalam Ramuan Ini

Baca: Jangan Panik! Penyakit Asam Urat Dapat Diatasi Pakai 3 Ramuan Alami! Ini Rahasia Membuatnya!

Ketiga kandidat ini sempat menuai perhatian baik di lingkup Pemprov Kepri maupun di tengah masyarakat.

Sebab, mereka terjerat kasus dugaan penyalahgunaan anggaran di Disdik Kepri. Bahkan kasus tersebut masuk audit BPK RI atas laporan hasil pemeriksaan keuangan Pemprov Kepri 2017.

Kepala Inspektorat Pemprov Kepri Mirza Bachtiar mengatakan ketiga terjerat dugaan kasus penyalahgunaan anggaran sewaktu mereka masih berada di Disdik Kepri.

"Semua orang sudah tahu. Coba tanyakan kepada Pak Sekda," ungkap Mirza kepada TRIBUNBATAM.id, Senin (2/7/2018) lalu.

Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah sendiri sempat mempertanyakan status ketiga kandidat yabg yang terjerat dugaan kasus penyalahgunaan anggaran itu muncul setelah mereka melewati rangkaian tes open bidding atau lelang jabatan.

"Saya sempat bertanya-tanya, kok ini baru muncul. Selama ini tidak muncul. Tetapi tim panitia seleksi sudah bekerja secara baik," ucap Arif, Senin siang.

Gubernur dan pejabat teras Pemprov Kepri berfoto bersama M Dali, Kepala Disdik Kepri yang baru dilantik, Selasa (3/7/2018)
Gubernur dan pejabat teras Pemprov Kepri berfoto bersama M Dali, Kepala Disdik Kepri yang baru dilantik, Selasa (3/7/2018) (tribunbatam/thom limahekin)

Pada Senin pagi, Dali dikabarkan sempat bertemu Arif di ruang kerjanya. Dua hari sebelumnya, Sabtu (30/6/2018) lalu, Atmadinata justru mendampingi Wakil Gubernur Kepri Isdianto meninjau proses penerimaan peserta didik baru di sejumlah sekolah.

Dua hal tersebut memunculkan spekulasi bahwa Dali dan Atmadinata berpeluang besar duduk di jabatan kepala Disdik Kepri menggantikan Arifin Nasir yang resmi pensiun pada Senin (1/7/2018).

Namun, Gubernur Kepri menggunakan hak prerogatifnya untuk mengangkat Dali sebagai kepala Disdik Kepri. (*)

Penulis: Thom Limahekin
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved