Suku Bunga Tabungan dan Deposito Kembali Dinaikkan 25 BPS

Suku bunga penjaminan simpanan rupiah dan valas kembali dinaikkan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Suku Bunga Tabungan dan Deposito Kembali Dinaikkan 25 BPS
KONTAN
Rupiah dan BANK INDONESIA 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA- Suku bunga penjaminan simpanan rupiah dan valas kembali dinaikkan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

LPS memutuskan menaikkan suku bunga penjaminan di bank umum dan bank perkreditan rakyat (BPR) sebesar 25 basis point (bps).

Kenaikan bunga penjaminan ini adalah untuk bunga penjaminan rupiah dan valas untuk bank umum dan bunga penjaminan rupiah dalam BPR.

Halim Alamsyah, Ketua Dewan Komisioner LPS mengatakan, kenaikan bunga penjaminan LPS ini diputuskan dalam rapat dewan komisioner LPS pada 16 Juli 2018.

"Ini berlaku dari 18 Juli 2018 sampai 17 September 2018," kata Halim dalam konferensi pers bunga penjaminan LPS, Rabu (18/7/2018).

Baca: LPS Sosialisasi Penjaminan Simpanan ke Perbankan Kepri dan Minta Nasabah Tidak Khawatir

Baca: LPS Likuidasi 89 Bank di Indonesia, Mayoritas BPR

Baca: LPS Pertahankan Suku Bunga Penjaminan Simpanan. Ini Alasannya

Dengan kenaikan ini maka suku bunga penjaminan rupiah untuk bank umum 6,25 persen dan sedangkan untuk bunga penjaminan valas bank umum 1,5 persen

Untuk bunga penjaminan LPS untuk BPR adalah 8,75 persen.

Keputusan kenaikan bunga penjaminan LPS ini dengan memperhatikan perkembangan bunga deposito 64 bank umum yang dipantau LPS.

Ke depan LPS akan terus memantau pergerakan bunga deposito perbankan dan terbuka untuk melakukan penyesuaian terhadap tingkat bunga penjaminan.

Sebagai gambaran, apabila bunga deposito bank melebihi suku bunga penjaminan LPS maka simpanan tersebut tidak dijamin. (kontan.co.id)

Editor: Sri Murni
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help