Kebakaran Ruko SP Plaza Batuaji, Inilah Haikal yang Terobos Api Bantu Keluar Korban Terjebak

Tadi ada seorang pria yang menolong sejumlah orang yang terjebak di dalam ruko yang pertama kali terbakar dan menurunkan tiga orang dari ruko

Kebakaran Ruko SP Plaza Batuaji, Inilah Haikal yang Terobos Api Bantu Keluar Korban Terjebak
tribunbatam/alfandi simamora
Haikal (kiri) karyawan toko di SP Plaza Batuaji yang membantu tiga orang terjebak dalam ruko saat kebakaran, Senin (23/7/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Batam, Alfandi Simamora

TRIBUNBATAM.id,BATAM-Saat kejadian kebakaran tiga ruko di kawasan SP Plaza, Sagulung, seorang pria bernama Ramadani Haikal membuat kagum sejumlah orang di tengah kebakaran, Senin (23/7/2018) pukul 08.30 WIB.

Pasalnya, Ramadani Haikal nekat membantu sejumlah orang yang terjebak di dalam ruko gudang sembako blok G nomor 4 di saat kebakaran terjadi sebelum pihak pemadam kebakaran datang ke lokasi.

"Tadi ada seorang pria yang menolong sejumlah orang yang terjebak di dalam ruko yang pertama kali terbakar itu, dan berhasil menurunkan tiga orang dari tangga belakang ruko yang mengalami kebakaran," kata Ahmad saksi mata aksi Haikal di lokasi kejadiannya.

Baca: Dugaan Penyebab Ruko Terbakar di Batuaji, Polisi Masih Menunggu Izin Pemadam Kebakaran

Baca: Penemuan Mayat di Tanjungpinang, Pintu Kamar Korban Terkunci, Jasad Sudah Membusuk

Haikal, karyawan toko di SP Plaza Batuaji yang membantu tiga orang terjebak dalam ruko saat kebakaran, Senin (23/7/2018)
Haikal, karyawan toko di SP Plaza Batuaji yang membantu tiga orang terjebak dalam ruko saat kebakaran, Senin (23/7/2018) (tribunbatam/alfandi simamora)

Baca: Dikenal Tangguh, Inilah Keistimewaan 5 Mata-mata Perempuan Rusia Paling Terkenal Masa Perang

Baca: Simak! Inilah Kumpulan Lengkap Contoh Soal Tes CPNS 2018, Unduh dan Baca Syarat-syaratnya

Dia mengaku melihat Haikal menolong sejumlah orang yang terjebak di tengah asap dan api yang melahap sejumlah ruko.

"Saya tidak menyangka masih ada orang yang nekat mengorbankan dirinya untuk menolong orang lain. Sebab di saat menolong di tangan kirinya ada luka robek dan terbakar akibat pecahan kaca yang panas. Dia juga bukan karyawan di ruko itu," tuturnya.

Ramadani Haikal mengatakan niatnya waktu itu hanya ingin menolong sejumlah orang yang berteriak saat kebakaran. Dia nekat naik ke tangga belakang ruko menolong orang yang terjebak di gudang sembako pertama yang terbakar di blok G nomor 4 SP Plaza.

"Saya mendengar ada teriakan orang minta tolong dari dalam ruko yang terbakar itu, tanpa habis pikir saya langsung menolong dan naik dari tangga yang berada di belakang ruko untuk melakukan pertolongan,"katanya.

Di sana, dia melihat ada tiga orang terjebak di tengah ruko. Lalu dirangkulnya turun melewati tangga saat api mulai melalap seisi gudang di lantai dua. Pecahan kaca mengenai tangan kirinya dan meninggalkan luka.

Petugas tengah mengidentifikasi di TKP kebakaran ruko di Batuaji, Senin (23/7/2018)
Petugas tengah mengidentifikasi di TKP kebakaran ruko di Batuaji, Senin (23/7/2018) (tribunbatam/leo halawa)

"Saat itu saya melindungi tiga orang dari dalam ruko untuk keluar melalui tangga dan tiga orang itu selamat," ujarnya.

Setelah membawa tiga orang, dia mengaku melihat masih ada dua orang terjebak di dalam dekat ujung ruko dekat jendela lantai dua.

Dia meminta mereka keluar jendela dengan cara melompat karena kobaran api mengepung bangunan. "Nah setelah saya sarankan, seorang anak dilempar dari jendela ke bawah dan pria itupun melompat juga.

Alhasil di bawah juga sudah ada yang warga yang mencoba membantu dengan melentangkan kasur untuk menampung mereka disaat melompat ke bawah," ujarnya.

Seluruh orang yang terjebak dalam ruko saat kebakaran menurutnya, selamat. Namun seorang di antaranya, Mariyanto yang melompat harus dilarikan ke rumah sakit karena patah tulang lengan kanan. Sedangkan seorang anak selamat.

"Saya bukan karyawan di ruko ini, saya karyawan dari salah satu ruko di SP Plaza ini saja. Saya nekat membantu karena merasa kasihan melihat korban yang terjebak di dalam ruko itu dan mencoba untuk menolongnya, karena petugas damkar belum datang," jelas Haikal. (*)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved