Pemilu dan Pilpres 2019

Sejumlah Patrpol Masih Lengkapi Berkas Bacaleg di Kantor KPU Batam. Banyak Calon Gugur

Dari 13 partai politik yang sudah menyerahkan kelengkapan berkas Bacaleg, ada total 18 Bacaleg yang dicoret karena TMS (Tidak Memenuhi Syarat)

Sejumlah Patrpol Masih Lengkapi Berkas Bacaleg di Kantor KPU Batam. Banyak Calon Gugur
TribunBatam.id/Dewangga Rudi
Sejumlah pengurus partai melengkapi berkas bakal calon legislatif di KPU Batam, Selasa (31/7/2018), hari terakhir perbaikan verifikasi Bacaleg peserta pemilu 2019. 

Laporan wartawan Tribun Dewangga Rudi

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Hingga pukul 22.00 WIB, Selasa (31/7/2018), 13 partai sudah melengkapi berkas bakal calon legislatif (Bacaleg) di KPU Batam.

Jumlah Bacaleg diperkirakan menyusut karena banyaknya Bacaleg yang tidak memenuhi syarat.

"Dari 13 partai politik yang sudah menyerahkan kelengkapan berkas Bacaleg, ada total 18 Bacaleg yang dicoret karena TMS (Tidak Memenuhi Syarat). Diperkiran jumlah Bacaleg  menyusut dari 720 yang didaftarkan," kata Komisioner Divisi Teknis KPU Batam, Zaki Setiawan.

Zaki menambahkan, masih ada beberapa parpol yang belum melengkapi berkas.

Baca: Verifikasi Caleg DPRD Kepri Hingga Pukul 00.00.Dua Caleg Diduga Tersandung Kasus Korupsi

"Hingga pukul 22.00 WIB sudah ada 13 partai politik yang melengkapi berkas Bacalegnya. Ada tiga partai lagi yang belum, yakni Perindo, Garuda dan PKB," tuturnya.

Belasan Bacaleg yang dicoret, lantaran tidak dapat melengkapi berkas persyaratan.

Kekurangan berkas dari masing-masing bacaleg juga relatif sama.

"Contohnya dari PKPI, waktu mendaftar ada 30 Bacaleg, kemudian 15 dianggap TMS sehingga yang terdaftar hanya 15 saja. Kekurangan dari masing-masing Bacaleg tiap parpol relatif sama, Ada yang di luar kota sehingga tidak dapat mengurus ijazah dan sebagainya," katanya.

Pantaua  Tribun Selasa (31/7/2018), suasana di Kantor KPU masih cukup ramai oleh perwakilan parpol yang melengkapi berkas Bacaleg mereka.

Ruang pendaftaran berkas di bagi menjadi dua bagian untuk mempercepat proses pendaftaran berkas dari masing-masing parpol. 

Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved