HAJI 2018

Sudah 15 Kloter Jemaah Calon Haji Terbang ke Tanah Suci. Anggota Jemaah Termuda Usia 19 Tahun

"Terdapat 1 JCH yang Tunda berangkat ke tanah suci yaitu Syamsul Maarif Razali Manifest 62 asal Kota Singkawang karena Sakit di daerah," kata Budi

Sudah 15 Kloter Jemaah Calon Haji Terbang ke Tanah Suci. Anggota Jemaah Termuda Usia 19 Tahun
TRIBUNBATAM/LEO HALAWA
Jemaah Calon Haji di Embarkasi Batam 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Sejak 18 Juli 2018 lalu, hingga Jumat (3/8) Jamaah calon haji (JCH) sudah mencapai 15 kelompok terbang (kloter).

"Sampai saat ini jumlah JCH yang ada di tanah suci sebanyak 14 Kloter dengan jumlah 6.278 orang jamaah," kata Humas Kanwil Kemenag Kepri Syahbudi kepada Tribun Batam Jumat siang.

Ia mengatakan, pemberangkatan kloter 15 Asrama Haji Embarkasi Batam hari ini terbang menuju Jeddah sekitar pukul 12.50 WIB dan diperkirakan tiba di Bandara King Abdul Aziz International Airport pukul 17.45.

Baca: Bule Tampar Petugas Imigrasi karena Denda Rp57 Juta. Hotman Paris: Jebloskan Penjara dan Deportasi!

Baca: Senin Depan Ustaz Abdul Somad Berceramah di Anambas, Panitia Minta Jangan Lakukan 3 Hal Ini

Baca: Kejuaraan Dunia 2018 - Pasangan Marcus/Kevin Kalah, Greysia Polii/Apriyani ke Semifinal

Pesawat dengan nomor penerbangan SV5521 TF-AAJ mengangkut jamaah calon haji laki-laki 207 orang, perempuan 242 orang total 449 orang, dengan bagasi sebanyak 449 pic dan berat barang 9.209 kg, 10 buah kursi dorong.

Komposisi jamaah dalam Kloter 15, Kota Singkawang 109 orang, Kabupaten Sintang 142 orang, Kota Pontianak 191, Kabupaten Mempawah 2 orang dan Petugas Kloter 5 orang.

"Terdapat 1 JCH yang Tunda berangkat ke tanah suci yaitu Syamsul Maarif Razali Manifest 62 asal Kota Singkawang karena Sakit di daerah," kata Budi.

Selain itu, terdapat juga 2 JCH yang mutasi masuk ke kloter 15 yaitu pertama Mawarna Simin Djamal dari kloter 13 asal kabupaten Mempawah. Kedua, Mohammad Ali Abas dari kloter 13 asal kabupaten Mempawah.

Baca: Gelombang Tinggi Landa Perairan Indonesia, Wisatawan Diimbau Jauhi Pantai Tiga Hari Ini

''Jamaah Calon Haji tertua dalam Kelompok Terbang ini adalah Hadri Mathat Jafar berusia 89 tahun berasal dari Kota Singkawang. Sedangkan Jamaah Calon Haji termuda yaitu Ibu Mauludya Samsu Rijal berusia 19 Tahun berasal dari Kabupaten Sintang," ujarnya.

Masih dengan penjelaan Budi, katanya, berdasarkan hasil Qur’ah maktab Tahun 1439 H/ 2018 M, selama berada di Makkah JCH kloter 15 akan menempati Rumah di wilayah Raudhah Maktab 12 Sektor 03 No Rumah 305 dan 306. Menurut jadwal, jamaah haji Kloter 15 akan tiba kembali di Tanah Air pada tanggal 13 September 2018 pukul 21.50 WIB.

Selanjutnya dalam kesempatan yang sama Pejabat Gubernur Kalimantan Barat, Dodi Riyadmaji saat menyampaikan sambutan dan melepas keberangkatan JCH Kloter 15 mengatakan, Pemerintah Kalimantan bersama seluruh masyarakat mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji kepada Kloter 15.

Selamat berangkat ke tanah suci dan selamat kembali ke tanah air dengan memperoleh predikat haji yang mabrur.

"Jaga kesehatan, sering minum air putih jangan terlalu memforsir tenaga, atur waktu istirahat dan kurangi aktivitas yang tidak ada nilai ibadah," kata Dodi.

Selain itu, ia mengharapkan petugas Kloter diingatkan agar melayani JCH dengan sebaik-baiknya dan selalu menjaga kekompakan dan keutuhan regu dan rombongan.

Dodi juga meminta kepada selurah jamaah calon haji Kloter 15, agar mendoakan Provinsi Kalimantan Barat rukun, aman, damai dan sejahtera. Realisasi Keberangkatan Jamaah Kloter 15 Take Off pukul 12.50 WIB.(leo)

Tags
haji
kloter
Penulis: Leo Halawa
Editor: nandarson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved