Seminar Pariwisata UPB: Target Wisman Terus Meningkat, Wisata Halal Perlu Digarap Serius

UPB mengelar seminar bertajuk Merumuskan Strategi Komunikasi Dalam Menciptakan Branding Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau.

Seminar Pariwisata UPB: Target Wisman Terus Meningkat, Wisata Halal Perlu Digarap Serius
istimewa
Kepala Dinas Pariwisata Kepri Buralimar (tengah) berfoto bersama para akademisi Prodi Ilmu Komunikasi UPB saat seminar tentang pariwisata di aula gedung UPB Kampus Tembesi, Sabtu (4/8/2018). 

TRIBUNBATAM.id, BATAM- Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Putera Batam (UPB) mengelar seminar bertajuk Merumuskan Strategi Komunikasi Dalam Menciptakan Branding Pariwisata Provinsi  Kepulauan Riau.

Acara yang berlangsung, Sabtu (4/7/2018), di aula UPB Kampus Tembesi itu dihadiri tiga pembicara yakni Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Kepri Buralimar, M.Si, Sekretaris Perhimpunan Hubungan Masyarakat Kepri (Perhumas) Syailendra Reza M.I.Kom, dan Akademisi Ilmu Komunikasi UPB Sholihul Abidin M.I.Kom.

Acara diikuti ratusan peserta baik dari kalangan mahasiswa maupun dosen.

Dalam paparannya, Buralimar menyampaikan, pariwisata merupakan sektor yang menjadi fokus Pemprov Kepri untuk terus dikembangkan.

Tahun lalu, jumlah wisatawan  yang datang ke Kepri sebanyak 2.074.532 orang. Dari jumlah tersebut lebih dari 50 persen adalah wisatawan manca negara (Wisman) dari Singapura. Sisanya berasal dari Malaysia, Cina, India, Korea Selatan dan Filipina.

Untuk tahun depan, Dinas Pariwisata menargetkan adanya peningkatan jumlah Wisman menjadi 2,2 juta orang.

"Pariwisata menjadi sektor yang menjanjikan untuk dikembangkan di Kepri. Kepri memiliki potensi besar karena punya 2.408 pulau dan 96 persen wilayahnya merupakan lautan. Fakta ini menunjukan bahwa kepri memiliki potensi di wisata bahari,"ujar Buralimar dalam rilis yang diterima TRIBUNBATAM.id, Senin (6/8/2018).

Baca: UPB Gelar Wisuda 604 Lulusan. Pesan Rektor: Jadilah Pemberani, Peluang itu Ada Bagi Para Pemberani

Baca: Pererat Silaturahmi dan Sosialisasi Visi, Prodi TI UPB Gelar Buka Puasa Bersama

Baca: Buka Bersama Rektor UPB dengan Peserta Pendidikan Advokat, Ketua Peradi Luhut Dapat Kejutan

Dia mengakui, laju pertumbuhan pariwisata Kepri memang lebih lambat ketimbang sektor lain. Namun daya tahan sektor ini lebih lama karena sumber dayanya yang tidak pernah habis.

Berdasarkan Pergub kepri no. 62 tahun 2017 terdapat 16 destinasi unggulan daerah di Kepri. Dari jumlah tersebut hanya dua destinasi yang berada di Batam, yaitu Kawasan Rempang dan Galang serta pusat kota Nagoya. Sisanya berasa di luar batam.

Buralimar juga mengaku, selama ini dalam mengembangkan pariwisata Kepri masih memiliki beberapa kendala, di antaranya stagnasi pengembangan objek wisata baru, aksesibilitas destinasi wisata, serta pelayanan dan kenyamanan pintu masuk pelabuhan laut dan bandara.

Halaman
123
Penulis: Sri Murni
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved