Awas.Daging Beku Masuk ke Karimun. Ini Imbauan Karantina

Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Tanjung Balai Karimun mengimbau agar masyarakat tidak mengkonsumsi daging ilegal.

Awas.Daging Beku Masuk ke Karimun. Ini Imbauan Karantina
Tribun Batam
Petugas Stasiun Karantina Kelas II Tanjungbalai Karimun dan instansi terkait meindak daging beku ilegal. 

TRIBUNBATAM.id, KARIMUN - Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Tanjung Balai Karimun mengimbau agar masyarakat tidak mengkonsumsi daging ilegal. Daging ilegal yang masuk ke Karimun umumnya dalah daging beku tanpa dokumen yang berasal dari negara lain.

Selain karena tidak adanya jaminan kesehatan dan kehalalannya, saat ini di daerah Sabah dan Serawak, Malaysia tengah terjadi wabah flu burung. Hal ini sesuai dengan surat edaran Kepala Badan Karantina Pertanian Nomor 13631/KR.120/K/08/2018 tentang instruksi larangan memasukan unggas dan produk unggas segar dari negara Wabah Highly Pathogenic Avian Influenza (HPAI) Malaysia.

Baca: 4 Kontainer Daging Beku dan Sosis Ditangkap, Ada Pihak yang Bermain? Ini Jawaban Lanal Batam

Baca: BP Batam Berikan Izin Impor Daging Beku Antisipasi Stok Lebaran, Ini 3 Importirnya!

Baca: Kesulitan Mencairkan Daging Beku? Coba Gunakan Trik Ini

"Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak mengkonsumsi daging ilegal karena tidak ada jaminan kesehatan dan kehalalannya. Terlebih saat ini di Sabah dan Serawak sedang terjadi wabah flu burung. Jangan sampai penyakit flu burung ini masuk ke Karimun dan menyerang kesehatan warga Karimun dan unggas lokal disini," imbau Kepala Stasuin Karantina Karimun, Priyadi, Rabu (12/9/2018).

Sebagai daerah kepulauan yang memilki banyak pelabuhan rakyat di sepanjang pesisir pantainya, Kabupaten Karimun menjadi daerah yang rawan terjadi tindakan penyelundupan produk pertanian yang merupakan media pembawa Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) dan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK).

Stasiun Karantina Pertanian Karimun juga telah beberapa kali melakukan penindakan terhadap daging beku impor. Penindakan ini dilakukan karena adanya sinegisitas dengan intansi terkait lainnya.

Seperti pada tanggal 13 Agustus 2018, Karantina Karimun mendapatkan pelimpahan penanganan hasil penindakan dari Kepolisian Sektor Buru berupa lima Kotak daging ayam beku atau sebanyak 75 Kg. Daging beku tersebut merupakan hasil patoli Bripda Noprianto, anggota Sabhara Polsek Buru.(*)

Penulis: Elhadif Putra
Editor: Ucu Rahman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help