BATAM TERKINI

Dinas Bina Marga Perbaiki Saluran di Depan Kantor Disdukcapil, Jalan tak Tergenang Lagi

Dinas Binamarga dan Sumber Daya Air Kota Batam melakukan pelebaran drainase di sepanjang Jalan Ir. Sutami, Komplek Perkantoran Sekupang, Batam.

Dinas Bina Marga Perbaiki Saluran di Depan Kantor Disdukcapil, Jalan tak Tergenang Lagi
TRIBUNBATAM.id/ Alfandi simamora

TRIBUNBATAM.id,BATAM-Dinas Binamarga dan Sumber Daya Air Kota Batam melakukan pelebaran drainase di sepanjang  Jalan  Ir. Sutami, Komplek Perkantoran Sekupang, Batam.

Dari hasil Pantauan Tribun di lokasi, pelebaran drainase tepat persis berada di lahan parkir luar depan Kantor Disdukcapil Kota Batam. Satu unit alat berat eskavator juga sudah diturunkan untuk melakukan pengerukan tanah dalam proses pelebaran drainase di lokasi tersebut.

Kepala Dinas Binamarga dan Sumber Daya Air Kota Batam, Yumasnur menuturkan, proses pelebaran drainase di sepanjang parit di lokasi depan perkantoran Disdukcapil Batam baru beberapa hari beroperasi.

Namun saat ini alat berat yang diturunkan disana sudah beroperasi melakukan pengerukan  untuk proses pelebaran drainase.

Baca: Saluran Drainase di Depan Kantor Lurah Tanjunguncang Sering Banjir saat Hujan

Baca: Rawan Banjir saat Hujan, Ini Dia Wilayah Batam yang Masuk Prioritas Normalisasi Drainase

Baca: Atasi Banjir Tiban Koperasi, Pemerintah Turunkan Alat Berat Untuk Normalisasi Drainase

"Proses pelebaran drainase baru beberapa hari, namun sejumlah sisi parit drainase yang akan dilebarkan sebagian lokasi sudah digali dan dilebarkan,"ungkapnya, Jumat (28/9/2018).

Lanjutnya, proses pelebaran drainase ini dilakukan, karena drainase yang ada saat ini sudah tidak dapat menampung jumlah debit air dikala hujan turun deras. Akibatnya, badan jalan di areal depan Perkantoran Disdukcapil tergenang air,  karena meluap dari drainase.

"Drainase di lokasi tersebut tidak layak lagi untuk menampung debit air jikalau hujan turun deras di wilayah Sekupang, hingga akhirnya terkadang air dari parit meluap dan menyebabkan genangan air di sepanjang jalan depan kantor Disdukcapil Batam,"tuturnya.

Yumasnur juga menambahkan, sejumlah saluran beton berukuran besar sudah berada di lokasi, dan nanti saluran itulah yang akan dipasang petugas untuk pelebaran drainase nantinya.

"Mudah-mudahan pelebaran drainase ini bisa mengatasi masalah tersebut, sehingga saat hujan turun air tidak meluap ke badan jalan depan kantor Disdukcapil Batam,"jelasnya. (*)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Sihat Manalu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved