PEMILU 2019

KPU Batam : Cinderamata Kampanye Tak Boleh Melebihi Rp 60 Ribu

KPU Batam membatasi pemberian cinderamata kampanye dari peserta pemilu 2019 bagi warga paling mahal senilai Rp 60 ribu per item.

KPU Batam : Cinderamata Kampanye Tak Boleh Melebihi Rp 60 Ribu
KPU.go.id
Maskot Pemilu 2019 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam membatasi pemberian cinderamata kampanye dari peserta pemilu tahun 2019 kepada warga paling mahal senilai Rp 60.000 per item.

"Untuk pemberian cinderamata pada warga maksimal Rp 60.000 per item dan tidak boleh lebih," kata Komisioner Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Batam, Muhammad Sidik, Jumat (28/9/2018).

Dia juga memberitahu, pembatasan nilai cinderamata itu diatur untuk menghindari praktIk politik uang. Hal itu pun diatur dalam PKPU No 28 tahun 2018.

"Dalam kampanye, peserta Pemilu juga boleh memberikan cinderamata," ungkapnya.

Baca: Ada Mobil Nangkring di Trotoar Depan Halte, Ini Kata Pejalan Kaki

Baca: Rumah Kondisi Kosong saat Terbakar, Warga Terpaksa Dobrak Pintu Rumah Ramses

Baca: Tutorial Cara Daftar CPNS 2018 dan Log In di sscn.bkn.go.id. Simak 7 Tips Registrasi dari BKN

Dia menyampaikan, saat ini tahapan Pemilu 2019 sudah memasuki pelaksanaan kampanye oleh partai politik, calon anggota legislatif, calon perseorangan dan tim kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden.

"Akan tetapi untuk batasnya maksimal Rp 60 ribu, baik itu cinderamata berupa kaus, alat tutup kepala, topi dan jilbab. Selain itu bisa juga berupa pena, tutup ceret gelas, asal nilainya tidak melebihi yang ditentukan,"terangnya.

Dia juga menambahkan, untuk pelaksanaan kampanye terbuka terbatas, boleh diselenggarakan di mana saja, yang penting tidak di tempat ibadah dan sekolah.

Peserta yang ingin melaksanakan kampanye terbuka terbatas diminta untuk memberitahukan ke KPU dan mengurus izin keramaian kepada aparat kepolisian.

"Kampanye terbuka terbatas boleh ke pasar-pasar.Sedangkan untuk waktu pelaksanaannya juga dibatasi, Mulai pukul 09.00 WIB hingga 18.00 WIB," jelasnya. (*)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved