Cerita Pelamar CPNS 2018 di Anambas, Numpang Wifi untuk Registrasi

mendaftar CPNS 2018. ‎Langkah yang dibuat ini memang belum bisa menjangkau sampai ke pulau-pulau.

Cerita Pelamar CPNS 2018 di Anambas, Numpang Wifi untuk Registrasi
situs sscn.bkn.go.id
ilustrasi CPNS 2018 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Hari menunjukkan sekitar pukul tujuh malam. Namun, aktivitas di kantor Dinas Komunikasi, informatika dan statistik Kabupaten Kepulauan Anambas masih beraktivitas.

Meski sudah santai dan jauh dari kesan formil seperti aktivitas normal pada jam kantor pada biasanya, namun perlahan jumlah orang yang mendatangi kantor ini makin banyak saja. Azmi salahsatunya.

"Bang, mau tanya. Bisa menumpang wifi di sini ?," ujarnya Rabu (3/10/2018) kemarin.

Dengan sigap, salah seorang pegawai Diskominfo pun langsung mengarahkan ke lantai dua kantor OPD teknis itu.

Di sana, sudah ada beberapa orang yang sudah memanfaatkan jaringan internet secara percuma.

Tujuannya hanya satu, mendaftar CPNS 2018. ‎Langkah yang dibuat ini memang belum bisa menjangkau sampai ke pulau-pulau.

Namun menurut Japrizal Kepala Dinas Komunikasi, informatika dan statistik, cara ini merupakan upaya agar pelamar bisa melakukan registrasi secara online ke laman yang sudah ditetapkan oleh panitia.

"Di kantor pun, sudah ada staff yang membantu para pelamar untuk melakukan registrasi. Kalau mau datang dipersilahkan. Waktunya dari buka kantor sampai pukul sembilan malam," ujarnya Kamis (4/10/2018).

Kerjasama dengan BAKTI Kominfo Republik Indonesia untuk akses internet dari Palapa Ring Barat, menjadi salahsatu alternatif untuk memaksimalkan kualitas internet, khususnya untuk keperluan pendaftaran CPNS ini.

Selain di kantor Kominfo, terdapat sejumlah titik lainnya seperti kantor BKPSDM, Dinas pendidikan, pemuda dan olahraga, Balitbangpeda, Kantor ULP, Taman Bermadah, hingga Kantor Dinas Pekerjaan Umum yang bisa digunakan bagi para pelamar.

"Alokasi bandwidth di masa trial ini, kami prioritaskan untuk pelamar CPNS 2018 di Anambas," ungkapnya. Ia menjelaskan, banyaknya keluhan mengenai sulitnya masuk ke laman untuk melakukan proses registrasi. Hal ini menurutnya dikarenakan server milik Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang down karena diakses secara menyeluruh di wilayah Indonesia.

Dari informasi yang disampaikan panitia seleksi di daerah, sedikitnya terdapat lima ratus pelamar yang telah berhasil mendaftar.

"Pada prinsipnya, kami siap untuk mensukseskan program nasional ini. Termasuk, saat pelaksanaan ujian di Gedung BPMS nanti," ungkapnya.(tyn)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved