BATAM TERKINI

Suami Meninggal Dunia, Istri Pedagang Ini Dapat Warisan dari Program BPJS Ketenagakerjaan

Almarhum Timoty alias Leng Hoak merupakan seorang pedagang yang sehari-harinya bekerja di pasar Jodoh, Batam

Suami Meninggal Dunia, Istri Pedagang Ini Dapat Warisan dari Program BPJS Ketenagakerjaan
TRIBUNBATAM
Ester alias Kian Ling (kiri) ahli waris saat menerima santunan yang diserahkan Mensen Sormin (agen Perisai) 

TRIBUNBATAM.id, BATAM-Selain gencar memperluas cakupan kepesertaan, BPJS Ketenagakerjaan juga selalu memenuhi hak-hak pesertanya. Tidak terkecuali mereka yang mendaftarkan diri melalui kanal Perisai (Penggerak Jaminan Sosial Nasional).

Salah satu pria yang sehari-hari pedagang tutup usia mewarisakan santunan Rp 24 juta kepada ahli warisnya.

Almarhum Timoty alias Leng Hoak merupakan seorang pedagang yang sehari-harinya bekerja di pasar Jodoh, Batam.

Sementara yang bersangkutan merupakan peserta BPJS Ketenagakerjaan melalui agen Perisai, Mensen Sormin. Adapun santunan tersebut diterima oleh ahli waris yakni istrinya yang bernama Ester alias Kian Ling.

Mensen Sormin mengatakan santunan tersebut merupakan hak ahli waris yang juga sudah diketahui oleh almarhum ketika pertama kali mendaftar sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan dengan mengikuti dua program. Masing-masign program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian dengan total iuran Rp 16.800 per bulan.

“Adapun rincian santunan tersebut terdiri dari santunan kematian Rp 16.200.000, biaya pemakaman Rp 3 juta dan santunan berkala yang diberikan sekaligus Rp. 4.800.000, sehingga total keseluruhan adalah Rp 24 juta,” katanya.

Baca: Ahli Waris Sudah Tua, BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Klaim Tjhe Kia Siang Lewat Layanan Pick Me Up

Baca: Sambil Senam Sehat, Ajak Warga Senggarang Pahami BPJS Ketenagakerjaan

Baca: Asian Games Telah Usai, BPJS Ketenagakerjaan Tetap Biayai Pengobatan Atlet Hevrilia Hingga Sembuh

Sementara itu Kepala BPJS Ketenagakerjaan Batam Sekupang, Jefri Iswanto mengatakan ini merupakan manfaat program Jaminan Kematian dimana apabila pencari nafkah mengalami musibah maka ada jaminan ekonomi keluarga tetap terjaga.

“Tentu Saya mewakili segenap karyawan mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya, semoga santunan ini dapat dipergunakan oleh ahli waris sebaik-baiknya,” katanya.

Ketika ditanya terkait program Perisai, Jefri menjelaskan Perisai merupakan sistem keagenan BPJS Ketenagakerjaan yang tujuannya adalah memperluas cakupan kepesertaan khususnya untuk sektor Informal atau Bukan Penerima Upah maupun Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

 “Jadi masyarakat tidak perlu khawatir dengan model pendaftaran melalui agen-agen Perisai, karena format ini resmi dan tidak ada perbedaan baik dari sisi pelayanan maupun akses informasi,"katanya.(bur)

Penulis: Zabur Anjasfianto
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved