PEMILU 2019

Cermati Data Ganda hingga Pleno DPT, Ini Upaya KPU Batam Mantapkan DPT Pemilu 2019

KPU Kota Batam sudah melakukan sejumlah tahapan untuk memantapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 2019.

Cermati Data Ganda hingga Pleno DPT, Ini Upaya KPU Batam Mantapkan DPT Pemilu 2019
Logo Pemilu 2019 

TRIBUNBATAM.id,BATAM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam sudah melakukan sejumlah tahapan untuk memantapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 2019.

Sejumlah tahapan telah dilakukan. Adapun tahapan yang telah dilakukan yakni tahapan Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) dalam rangka penyempurnaan DPTHP-1 di sejumlah kecamatan yang dimulai sejak 1 Oktober hingga 28 Oktober 2018.

Selain itu, pencermatan 47.808 data ganda yang diterima dari KPU RI yang merupakan bagian dari upaya KPU untuk melakukan penyempurnaan DPTHP-1.

Selanjutnya, setelah sejumlah tahapan itu dilaksanakan, pihaknya juga menggelar pleno DPT di tingkat kelurahan dan kecamatan terkait daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP 1).

Baca: Tanpa Permit hingga Tertangkap Bawa Sabu. Simak 7 Fakta Dibalik Maraknya TKI Ilegal di Batam

Baca: Film A Man Call Ahok vs Hanum & Rangga Diputar, Akun Instagram Ini Saling Pamer Jumlah Penonton

Baca: Mengenal Rudal Rusia S-300, Rudal dengan Daya Jangkau 250 Km yang Sukses Tangkal F-16 Milik Israel

Baca: CPNS 2018 - TENANG! Tak Lolos Passing Grade Ternyata Masih Berpeluang Jadi PNS, Simak Penjelasan

Baca: Tak Tahan Tiap Bulan Dipaksa Setor Rp 500 Ribu, Penghuni Lahan Daan Mogot Laporkan Kelompok Hercules

"Kita sudah melaksanakan sejumlah tahapan untuk memantapkan DPT pada pemilu 2019 nanti, dan kemarin pleno di tingkat kelurahan dan kecamatan juga telah dilakukan," terang Ketua Komisioner KPU Kota Batam, Syahrul Huda, Selasa (13/11/2018).

Lanjutnya, dengan sudah dilaksanakannya pleno di tingkat kelurahan dan kecamatan, KPU Batam akan melaksanakan Pleno di tingkat kabupaten kota hari ini Selasa (13/11) di Harmoni Hotel.

"Kemarin pleno di tingkat kecamatan DPTHP 1 sudah dilaksanakan dan sekarang kita akan mengadakan pleno DPTHP 2 di tingkat kabupaten kota di Harmoni Hotel," ujarnya.

Syahrul juga memberitahu, adapun agenda pada pleno nanti,untuk singkronisasi DPTHP hasil dari pleno di tingkat kelurahan dan kecamatan yang sudah dilaksanakan. Dimana pleno di tingkat kabupaten Kota ini akan diikuti, Bawaslu dan Partai Politik.

"Nah nanti hasil-hasil pleno di tingkat kecamatan akan disinkronkan datanya bersama Bawaslu dan parpol," tuturnya.

Dia juga berharap, dengan semua proses yang telah dilakukan, semoga semua hak-hak masyarakat kota Batam ini terkait dengan hak untuk memilih 2019 nanti sudah bisa diakomodir dan tidak ada lagi kemudian hari masyarakat yang tidak terdaftar sebagai pemilih.

"Namun bagi masyarakat yang masih juga belum terdaftar di DPTHP 1 atau di DPTHP 2 apabila sudah diplenokan hari ini terkait DPT, nanti masyarakat masih bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu nanti di atas pukul 12:00 WIB dengan menunjukkan KTP elektroniknya pada petugas Pemilu," jelasnya. (als)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved