Komisi Informasi Provinsi Kepri Datangi Pemkab Bintan. Ternyata Ini Tujuannya

Pemkab Bintan dikunjungi Komisi Informasi Provinsi Kepri (KI) dalam rangka visitasi monitoring dan evaluasi terkait layanan informasi publik

Komisi Informasi Provinsi Kepri Datangi Pemkab Bintan. Ternyata Ini Tujuannya
TRIBUNBATAM.id/AMINNUDIN
Komisi Informasi Provinsi Kepri berfoto bareng dengan staf Setkab Bintan, Selasa (4/12/2018) 

TRIBUNBINTAN.com, BINTAN - Pemkab Bintan dikunjungi Komisi Informasi Provinsi Kepri (KI). Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka visitasi monitoring dan evaluasi terkait layanan informasi publik.

Anggota Tim Visitasi Komisi Informasi Provinsi Kepri Liesminidiningsih mengatakan, kunjungan tersebut dalam rangka menuntaskan rangkaian penilaian terhadap seluruh Badan Publik di tahun 2018.

Penilaian terbagi dalam dua model, yakni SAQ (Self Assesment Questionnaire) dan Visitasi.

Baca: Danlanud Pimpin Sertijab Kepala Dinas Personel Lanud Raja Haji Fisabilillah. Ini Pesannya

Baca: INFO CPNS 2018 - Tanpa Passing Grade, BKN Bocorkan Jumlah Soal dan Aturan Main Tes SKB CPNS 2018

Baca: BERITA PERSIB - Sempat Juarai Paruh Musim Liga 1 2018, Persib Bandung Tergelincir di Putaran Kedua

SAQ adalah kuisioner yang diisi mandiri oleh badan publik terkait ketersediaan dasar hukum, sarana dan parasarana yang menunjang keterbukaan informasi publik di tempat mereka.

Sedangkan visitasi adalah monitoring langsung dari Tim penilai KI Prov Kepri ke Badan Publik bersangkutan.

"Kita lakukan visitasi monitoring terhadap layanan badan publik. Selain melalui SAQ dan Visitasi, sesuai dengan Amanat Undang Undang Keterbukaan Informasi Publik Nomor 14 tahun 2008," ujar Liesminidiningsih, Selasa (4/12/2018).

Kepala Sub Bagian Teknologi dan Informatika Setda Bintan R M Zulfakar menuturkan keterbukaan informasi publik tidak bisa lagi dihindari mengingat teknologi informasi yang terus berkembang.

Namun keterbukaan informasi yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 harus menjadi rambu-rambu bagi badan publik untuk lebih memahami penting nya transparansi informasi.

"Era keterbukaan informasi merupakan suatu kewajiban pada saat ini. Keterbukaan informasi terselenggara dalam rangka mewujudkan akuntabilitas dan transparansi dan mewujudkan 'good governance' dan  bukanlah suatu tugas yang mudah karena keterbukaan informasi adalah mencakup mental, mindset, sikap dan budaya yang memerlukan komitmen, konsistensi, koordinasi, kolaborasi dan komunikasi untuk mewujudkannya,"kata Zulfakar. (min)

Penulis: Aminnudin
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved