BPJS KESEHATAN

Demi Kenyamanan Peserta, RS Awal Bros Gunakan Sistem Antrian Via Whatsapp

Rumah Sakit Awal Bros yang terletak di Jalan Gajah Mada Kav I Baloi tersebut menambah jumlah rumah sakit kelas B

Demi Kenyamanan Peserta,  RS Awal Bros Gunakan Sistem Antrian Via Whatsapp
istimewa
Demi kenyamanan peserta, RS Awal Bros gunakan sistem antrian Via whatsapp 

TRIBUNBATAM.id - Sejak kembali bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Batam Maret 2018 lalu, Rumah Sakit Awal Bros yang terletak di Jalan Gajah Mada Kav I Baloi tersebut menambah jumlah rumah sakit kelas B yang memberikan pelayanan tingkat lanjut kepada peserta JKN-KIS di wilayah Batam dan sekitarnya.

Terbatasnya jumlah rumah sakit kelas B yang ada di Batam dan daerah di sekitarnya membuat antrian pasien di beberapa rumah sakit kelas B menumpuk, termasuk RS Awal Bros.

Dengan jumlah pasien yang terus meningkat dan keinginan manajemen rumahsakit yang ingin memberikan kenyamanan kepada pasien terutama peserta JKN-KIS, RS Awal Bros melakukan inovasi berupa pendaftaran pasien melalui aplikasi whatsapp.

dr Widya Putri selaku Direktur RS Awal Bros yang ditemui pasca penandatangan komitmen pelayanan fasilitas kesehatan tingkat lanjut beberapawaktu lalu menjelaskan bahwa halt ersebut dilakukan berdasarkan analisa manajemen bahwa memang untuk pelayanan rawatjalan, pasien menunggu untuk waktu yang lama.

Mengingat waktu itu sangat penting apalagi ditambah dengan keadaan yang tidaksehat, ia mengharapkan dengan inovasi ini pasien akan terlayani di bawah waktu tunggu 30 menit.

“Harapannya inovasi ini bisa memberikan kenyamanan kepadapasien.” kata Widya.

Pendaftaran melalui whatsapp tersebut dilakukan untuk appointment sebelum pasien berobat dengan terlebih dahulu dapat memilih jadwal dan dokter yang diinginkan. Sehingga pasien tidak menumpuk di satu jam pelayanan saja,” ungkapnya.

Untuk melakukan pendaftaran tersebut, pasien mengirimkan data berupa nama lengkap, tanggal lahir, jaminan yang dimiliki, dan mengirimkan data tersebutke RS Awal Bros melalui whatsapp kenomor 081364317777.

Widya pun mengungkapkan bahwa prosedur pelayanan di RS Awal Bros tidak sulit asalkan setiap pasien dapat menjalankan prosedur yang sudah ditetapkan dengan baik.

Retri Flori selaku Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan mengatakan bahwa per 1 Desember 2018, BPJS Kesehatan Cabang Batam telah melakukan kerjasama dengan 21 Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutdi Kota Batam yang terdiri atas 4 rumah sakit kelas B, 11 rumah sakit kelas C, 2 rumah sakit kelas D dan 4 klinik utama.

Kerjasama dengan hampir semua rumah sakit di Batam ini diharapkan mampu mengimbangi pertumbuhan peserta di Kota Batam yang terus bertambah setiap bulannya sehingga setiap peserta dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang lebih baik.(*)

Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved