Kepala BP Batam Masa Transisi Tuai Sorotan - Taba: Memang Tak Boleh Mengganti Orang?

"Status Batam tidak berubah. Apalagi kepastian yang harus diragukan? Memang tak boleh ganti orang? Kalau ganti orang kan bukan ganti kebijakan,"

Kepala BP Batam Masa Transisi Tuai Sorotan - Taba: Memang Tak Boleh Mengganti Orang?
tribunbatam.id
Anggota Tim Teknis Taba Iskandar bersama Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Senin (07/01/2019). (istimewa) 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Keputusan penggantian Kepala BP Batam sementara dianggap beberapa elemen masyarakat sebagai langkah yang penuh kejutan.

Bahkan hal itu ditafsirkan menimbulkan ketidakpastian hukum. Bahkan ada yang mengungkapkan kekhawatiran investor kurang mantab menanamkan modalnya di Kota Batam.

Namun kekhawatiran terkait perubahan kepemimpinan BP Batam itu ditampik oleh Anggota Tim Teknis Dewan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam, Taba Iskandar.

Baca: Kepala BP Batam Masa Transisi - Ketua DPRD Kota Batam Sebut Keputusan Nanggung

Baca: Darmin Nasution Lantik Kepala BP Batam dan 2 Deputi. Transisi Ex Officio Wako Batam

Baca: BREAKINGNEWS - BP Batam Punya Kepala dan Deputi Baru

Menurutnya tak ada yang berubah. Tak perlu juga muncul kekhawatiran.

"Apanya yang berubah? Apanya yang tidak ada kepastian? Pelayanan di BP tetap, tak ada yang berubah. Kalau ingin minta izin berinvestasi di Batam datang ke BP (pasti) dilayani. Intinya tak ada yang berubah terkait pelayanan terhadap masyarakat," ujar Anggota Tim Teknis Dewan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam, Taba Iskandar kepada Tribunbatam.id, Selasa (8/1/2019).

Pelantikan Kepala BP Batam di Kemenko
Pelantikan Kepala BP Batam di Kemenko (tribunbatam.id)

Diakui, dengan pelantikan Kepala BP Batam yang baru Edy Putra Irawadi oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution di Kemenko, Senin (07/01/2019) hanya pimpinannya saja yang berubah.

Bahkan ke depan ketika regulasi ex-officio terealisasi, hal itu juga tak ada yang berubah. "Jika sebelumnya Badan Pengusahaan (BP) Batam ada pimpinannya sendiri, nantinya akan ada Kepala BP Batam ex-officio oleh Wali Kota Batam. Kepala BP tetap bertanggungjawab terhadap Ketua Dewan Kawasan," kata Taba semangat.

"Kepala BP bukan bawahan Wali Kota. Wali Kota dalam kapasitasnya ada aturan Undang-undang Nomor 23. Kepala BP Batam ex-officio Wali Kota Batam ada uraian tugasnya, sebagaimana amanat PP Nomor 46 Tahun 2007 itu."

"Status Batam tidak berubah. Apalagi kepastian yang harus diragukan? Memang tak boleh ganti orang? Kalau ganti orang kan bukan ganti kebijakan," ujar Taba Iskandar yang juga merupakan Anggota DPRD Kepri itu.

Taba mengimbau jangan ada keraguan bagi investor. Semuanya tugas dan wewenang masing-masing, akan diuraikan ke dalam PP yang dalam waktu mendatang akan diterbitkan pemerintah guna mengurai dualisme.

Halaman
12
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Purwoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved