TANJUNGPINANG TERKINI

Jalan Sambung Antara Pelantar di Tanjunpinang Akan Disandari Kapal Pelni. Ini Alasannya

"Nanti kapal-kapal Pelni semisal KM Sabuk Nusantara dan Kapal Perintis bisa sandar di situ," ungkap Azis kepada TRIBUNBATAM.id, Selasa (22/1/2019).

Jalan Sambung Antara Pelantar di Tanjunpinang Akan Disandari Kapal Pelni. Ini Alasannya
TRIBUNBATAM.id/THOM LIMAHEKIN
Kabid Kepelabuhan pada Dishub Kepri Azis Kasim Djou berdiri bersama Gubernur Kepri H Nurdin Basirun di atas jalan sambung yang sedang dibangun beberapa waktu lalu. 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG - Jalan sambung yang sudah terbangun antara Pelantar I dan II di kota Tanjungpinang akan disandari kapal-kapal Pelni.

Kabid Kepelabuhan pada Dishub Pemprov Kepri Azis Kasim Djou mengatakan wacana tentang penggunaan jalan sambung untuk sandar kapal Pelni itu akan dibahas dalam rapat pada Rabu (23/1/2019) nanti.

"Nanti kapal-kapal Pelni semisal KM Sabuk Nusantara dan Kapal Perintis bisa sandar di situ," ungkap Azis kepada TRIBUNBATAM.id, Selasa (22/1/2019).

Menurut Azis, jalan sambung yang dibangun oleh Dishub Kepri pada 2018 lalu itu sepanjang 200 meter. Kendatipun Pelantar I dan II belum terhubung, namun jalan sambung itu sudah bisa dimanfaatkan selama ini.

Aktivitas bongkar muat kapal-kapal barang yang dulu berlangsung di dermaga Pelantar II bisa dilakukan di sepanjang jalan sambung itu.

Inilah 10 Tanda Serangan Jantung yang Bakal Dialami Setiap Orang

ASIAN CUP 2019 - Babak 16 Besar Selesai, Inilah 8 Negara di Perempat Final Piala Asia 2019

Maret 2019 Mendatang Pemerintah Buka 100 Ribu Lowongan CPNS

Lembu Dicuri, Adhar Nekat Lompat ke Bak Mobil yang Sedang Melaju dan Berkelahi Dengan 3 Pelaku

Sesuai rencana bongkar muat barang dari kapal-kapal Pelni pun akan dilakukan di sepanjang jalan sambung tersebut.

"Ada 200 meter panjang jalan sambung itu. Nanti 100 meter dipakai untuk bongkar muat kapal-kapal barang dan 100 meter lagu dimanfaatkan untuk bongkar muat barang dari kapal-kapal Pelni," jelas Azis lagi.

Selama ini kapal-kapal Pelni hanya menaikkan dan menurunkan penumpang di pelabuhan domestik Sri Bintan Pura Tanjungpinang.

Namun, aktivitas bongkar muat barang-barangnya berlangsung di tengah laut sekitar perairan Tanjungpinang.

Keberadaan jalan sambung itu diharapkan bisa mempermudah proses bongkar muat barang dari kapal-kapal Pelni.

Nanti barang-barang yang dinaikkan atau diturunkan dari kapal-kapal Pelni tidak lagi dimuat oleh perahu motor dari tengah laut lalu dibawa ke darat lagi tetapi langsung diturunkan di sepanjang jalan sambung.

"Uji coba sandar akan kami lakukan dalam waktu dekat. Beberapa hari lalu, kami juga sudah melakukan uji coba sandar kapal di pelabuhan pulau Berhala," tegas Azis. (tom)

Penulis: Thom Limahekin
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved