BATAM TERKINI

Gelar Razia di Batam Centre, Reni Yusneli: Sebanyak 400.000 Kendaraan di Kepri Tidak Membayar Pajak

Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Provinsi Kepri Reni Yusneli mengatakan sebanyak 40 persen kendaraan di Kepri tidak membaya

Gelar Razia di Batam Centre, Reni Yusneli: Sebanyak 400.000 Kendaraan di Kepri Tidak Membayar Pajak
kompasotomotif
ilustrasi. STNK dan pajak kendaraan bermotor 

TRIBUNBATAM.id - Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Provinsi Kepri Reni Yusneli mengatakan sebanyak 40 persen kendaraan di Kepri tidak membayar pajak.

Artinya kurang lebih sebanyak 400.000 kendaraan di Kepri tidak melakukan pembayaran pajak dari total 1 juta lebih kendaraan yang ada di Kepri.

Hal tersebut dikatakan Reni Yusneli setelah melihat data dari 2004 sampai saat ini, dari kendaraan bermotor di Kepri mencapai 1 jutaan, hanya 60 persen yang bayar pajak.

“Ada 1 juta lebih, yang bayar pajak itu sekitar 60 persen saja. Sisanya tidak aktif alias tidak bayar pajak. Data ini diambil berdasarkan data mula-mula 2004 sewaktu provinsi Kepri memisahkan dari provinsi induknya Riau.  Yang 40 persen memang, bisa jadi kendaraan ada yang tak jalan.  Bisa juga mobilnya di bengkel saja. Sehingga mereka tidak bayar pajak,” jelas Reni Yusneli.

BREAKINGNEWS, Harga Tiket Meroket, Hari Ini 14 Penerbangan dari Bandara Hang Nadim Batam Dibatalkan

Gegara Dilarang Main Game, Anak dan Ayah Tiri Baku Hantam, Sang Ayah Tewas, Begini Kronologisnya

Reaksi Luna Maya Ketika Ditanya Mengenai Kabar Pernikahan Reino-Syahrini

Diduga Terperangkap Dalam Tugboat Terbalik, 2 ABK Tugboat Koi 3 Masih Hilang

Ia menambahkan, tujuan razia yang digelar Kamis (7/2) di Batam Center, selain memberikan efek jerah kepada masyarakat yang pasif membayar pajak, juga bertujuan untuk mengoptimalkan update kendaraan yang aktif dan yang tidak aktif.

Untuk awal tahun ini, razia pajak kendaraan perdana digelar di Batam.

Reni memaparkan, di Kepri, ada 10 Unit Pelaksana Teknis (UPT) BP2RD Provinsi Kepri serentak tahun menggelar razia pajak kendaraan.

Pertama UPT BP2RD Batam Center, Kedua UPT BP2RD Batu Aji, ketiga UPT BP2RD Tanjungpinang, UPT BP2RD Karimun, UPT BP2RD Tanjungbatu, UPT BP2RD Bintan, UPT BP2RD Lingga, UPT BP2RD Anambas, dan UPT BP2RD Natuna.

“Khusus di Batam, kami minta dalam satu tahun ini setidaknya 18 kali digelar razia. Untuk di luar Batam delapan kali minimal. Tapi tergantung keadaan. Bila memungkinkan ya kenapa tidak. Pada prinsipnya, razia ini juga bertujuan untuk menaikan pendapatan daerah. Cuman, kapan dan dimana kami gelar rahasia. Karena sifatnya mendadak. Macam razia ini, ini saja bocor informasiny di FB,” jelas Reni Yusneli.

Ketika disinggung pemutihan pajak untuk 2019, belum ada rencana Pemprov Kepri.

Halaman
123
Penulis: Leo Halawa
Editor: Danang Setiawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved