TANJUNGPINANG TERKINI

Polda Kepri dan Kanwil Kemenkumham Kepri Teken Perjanjian Kerjasama, Ini yang Disepakati

Tujuan kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan koordinasi dan kemitraan antara kepolisian daerah dengan Kemenkumham dalam hal pelayanan hukum

Polda Kepri dan Kanwil Kemenkumham Kepri Teken Perjanjian Kerjasama, Ini yang Disepakati
TRIBUNBATAM.id/WAHIBWAFA
Polda Kepri dan kanwil Kemenkumham Kepri menandatangani perjanjian kerjasama tentang peningkatan tugas dan fungsi Kepolisian dan Pemasyarakatan keimigrasian dan pelayanan hukum dan hak asasi manusia, Rabu (13/2/2019) 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG - Polda Kepri dan kanwil Kemenkumham Kepri menandatangani perjanjian kerjasama tentang peningkatan tugas dan fungsi Kepolisian dan Pemasyarakatan keimigrasian dan pelayanan hukum dan hak asasi manusia.

Tujuan kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan koordinasi dan kemitraan antara kepolisian daerah dengan Kemenkumham dalam hal pelayanan hukum terpadu serta penegakan hukum.

"Ruang lingkup dimana beberapa yang diawasi di antaranya pengawasan orang asing, pencegahan narkotika, patroli sambang, penegakan hukum, pertukaran data dan informasi, meningkatkan keterampilan dan penyuluhan hukum hak asasi manusia," kata Bambang Widodo kepala kanwil Kemenkumham Kepri di Kantornya Senggarang, Tanjungpinang, Rabu (13/2/2019).

Salah satunya dalam hal pencegahan narkotika, Polisi bersama-sama dan petugas Pemasyarakatan serta instansi terkait untuk melakukan pemeriksaan masuknya pengunjung pada lembaga pemasyarakatan di rumah tahanan.

Kemudian Polisi menginformasikan kepada petugas Pemasyarakatan apabila terdapat pengunjung yang melakukan percobaan memasukkan narkotika ke dalam Lapas maupun rutan rumah detensi dan community house bagi imigran ilegal.

BERITA TIMNAS - Indra Sjafri Umumkan Skuad Timnas U22 untuk Piala AFF Rabu Siang Ini, Siapa Dicoret?

Penyebab dan Gejala Kanker Darah seperti yang Diidap Ani Yudhoyono

FAKTA TERBARU Pembunuhan Fitri Suryati, Sebelum Tewas Tubuh Fitri Yu Ditusuk hingga 16 Kali

MOTOGP 2019 - Bukan Honda, Inilah Lawan yang Ditakuti Valentino Rossi Musim 2019

"Dalam hal tertentu polisi dapat melakukan tindakan hukum terhadap pengunjung dan petugas yang terlibat," ungkap

Sementara itu dalam rangka Penegakan hukum, salah satunya tentang peminjaman tahanan.

Dalam isi kerjasama, Polisi dapat mengajukan permohonan kepada Kemenkumham terkait peminjaman warga binaan dengan ketentuan peminjaman warga binaan dilaksanakan dalam rangka menyerahkan berkas perkara.

Selain itu untuk kepentingan rekonstruksi, pemeriksaan perkara baru, pemeriksaan di sidang pengadilan atau dalam hal diperlukan sebagai saksi atau pengembangan perkara lain.

"Peminjaman warga binaan wajib dilengkapi dengan izin tertulis dari kepala Lembaga Pemasyarakatan dan kepala Rutan dan dapat diperpanjang melalui permohonan kembali dengan mencantumkan alasan peminjaman sesuai dengan kebutuhan," katanya.

Kebiasaan Maknae Kpop Idol BTS, Jungkook Ini Lagi Lagi Panen Pujian Dari Fans, Bikin Meleleh

Resmi Menjadi Orang Tua, Berikut Potret Kisah Perjalanan Cinta Raisa Andriana dan Hamish Daud

Nyawa Bocah 2 Tahun di Bintan Ini Tak Terselamatkan, Setelah Jadi Korban Kecelakaan Bersama Ibunya

Peminjaman warga binaan dapat dipindahkan sementara ke Lapas maupun Rutan negara tempat pemeriksaan dilakukan.

Kemudian dalam hal tertentu dan keadaan mendesak guna kepentingan penyidikan kepolisian setempat dapat melakukan penggeledahan yang disaksikan oleh petugas di lembaga pemasyarakatan maupun hutan dengan memperhatikan situasi keamanan.

Sampai saat ini setelah dilakukan MoU, Kapolda Kepri Irjen Andap Budhi Revianto dan kepala Kemenkumham masih melaksanakan diskusi di Kanwil Kemenkumham Kepri di Senggarang, Tanjungpingpinang. (wfa)

Penulis: Wahib Wafa
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved