TANJUNGPINANG TERKINI

Sosialisasi Kampanye Pencegahan Dini Kanker di Tanjungpinang, Pesan Wawako: Tetap Berpikir Positif

"Kegiatan ini merupakan puncak dari hari kanker sedunia yang dimulai sejak 1 Februari lalu," kata Rustam kepala Dinkes Dalduk KB Kota Tanjungpinang

Sosialisasi Kampanye Pencegahan Dini Kanker di Tanjungpinang, Pesan Wawako: Tetap Berpikir Positif
TRIBUNBATAM.id/THOM LIMAHEKIN
Dinas Kesehatan Dalduk KB Kota Tanjungpinang bekerjasama dengan Yayasan Kanker Indonesia Cabang Tanjungpinang menggelar sosialisasi dan kampanye pencegahan serta deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara di Puskesmas Batu 10 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGINANG - Dinas Kesehatan Dalduk KB Kota Tanjungpinang bekerjasama dengan Yayasan Kanker Indonesia Cabang Tanjungpinang menggelar sosialisasi dan kampanye pencegahan serta deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara di Puskesmas Batu 10, Kamis (21/2/2019).

Wakil Wali Kota Hj Rahma membuka sosialisasi yang juga dihadiri Ketua YKI Tanjungpinang Juariyah Syahrul, Kepala Kejari Tanjungpinang, Danlanud, Danlanudal, perwakilan Polresta, Asisten Pemerintahan dan Kesra, para Kepala OPD, pimpinan organisasi wanita se-Kota Tanjungpinang, pimpinan organisasi professi kesehatan, para Direktur rumah sakit, para Kepala puskesmas, para pimpinan perguruan tinggi kesehatan, para kader posbindu, para pejuang kanker, TP PKK, Camat dan Lurah serta peserta lainnya.

"Kegiatan ini merupakan puncak dari hari kanker sedunia yang dimulai sejak 1 Februari lalu," kata Rustam kepala Dinkes Dalduk KB Kota Tanjungpinang kepada TRIBUNBATAM.id.

Rustam menyebutkan selama ini berbagai penyuluhan dengan tema penyakit kanker, penyebarluasan leaflet dan poster kanker, pemeriksaan faktor resiko kanker dan skrining kanker serta senam bersama dan dialog interaktif sudah dilakukan.

Sosialisasi dan kampanye dilakukan dalam rangkaian peringatan Hari Kanker Sedunia tersebut diberi tema "I am and I will" dimaksudkan untuk mengajak semua pihak menjaga perannya masing-masing dalam mencegah dan mengurangi beban akibat penyakit kanker.

Ayah Kandung Cabuli Anak Sendiri Selama 3 Tahun, Nekat Maki dan Ancam Pakai Kris Jika Tak Mau Layani

Klub Panahan BP Batam Bifza ASC Sabet 8 Medali Piala Danrem Wirabraja ke-2 2019

Presiden Jokowi Jenguk Ani Yudhoyono Sakit Kanker Darah di Singapura, Kamis 21 Februari 2019

Tak Hanya Meriah, Pesta Ultah Putri Nia Daniaty Dihiasi dengan Kue Berupa Uang, Intip Foto-fotonya

Hari Peduli Sampah Nasional, Personil TNI/Polri Sisir Sampah di Pelabuhan Tarempa Anambas

Peserta sosialisasi sekitar 300 orang dengan narasumber dr Trio Taufik Edwin, MKM dari Subdit Kanker dan Kelainan Darah Kemenkes RI, Iman Kastubi SKM dari Balai Besar Pelatihan Kesehatan Ciloto, dan dr Gumilang Wiranegara SPOG, K (Onk).

Wakil Wali Kota Tanjungpinang mengajak seluruh peserta sosialisasi untuk mencegah kanker dengan melakukan perilaku hidup yang sehat dan menjauhi faktor resiko kanker.

Sebanyak 340 warga masyarakat telah mengikuti deteksi dini kanker serviks dan payudara selama periode 1-20 Februari dan ditemukan 2 positif IVA dan 6 positif benjolan payudara. Penyuluhan bertema kanker telah dilakukan sebelumnya di Puskesmas, perkantoran, majelis taklim, kampung, sekolah dan Posyandu.

"Sosialisasi itu meliputi kanker serviks, kanker payudara, thalassemia, leukemia, kanker mulut dan nasopharyng, kanker kolorektal, kanker Mata dan retinoblastoma," ucap Rahma.

Rahma mengajurkan masyarakat untuk melakukan aktivitas fisik secara teratur dan terukur, menghindari asap rokok dan alkohol, makan terkontrol kurangi lemak, garam dan gula, serta istirahat yang cukup dan menjauhi stress.

Pada kesepakatan tersebut juga ditandatangani kesepakatan kerjasama antar YKI Cabang Tanjungpinang dan Dinkes dengan berbagai institusi pemerintah dan swasta, oranisasi wanita, organisasi protesi dan stakeholder lainnya untuk baju membahu melakukan pencegahan kanker bersama-sama.

Pada kesempatan ini, Ketua YKI memberikan bantuan dan sagu hati kepada 4 penderita kanker.

Dia meminta warga yang mengidap kanker untuk tetap berpikir positif dan melakukan upaya terapi sesuai dengan anjuran dokter.

"Pemerintah Kota Tanjungpinang siap memberikan dukungan termasuk saat ini dengan menyediakan rumah singgah dan transportasi bagi penderita kanker yang dirujuk ke luar daerah di Batam dan Jakarta," tegas istri Wali Kota Tanjungpinang itu. (tom)

Penulis: Thom Limahekin
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved