PEMILU 2019

6 Partai Batal Ikut Pemilu 2019 di Sejumlah Wilayah Kepri 17 April Mendatang, Ini Alasannya!

Para Pemilu 2019 mendatang, 6 partai dipastikan tak akan ikut Pemilu 2019 di sejumlah wilayah di Kepri, ini sebabnya!

6 Partai Batal Ikut Pemilu 2019 di Sejumlah Wilayah Kepri 17 April Mendatang, Ini Alasannya!
wahyu indri yatno
dpt pemilu 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Sebanyak 11 kepengurusan partai politik di 4 kabupaten di Provinsi Kepri dibatalkan sebagai peserta pemilu pada Pemilu serentak 2019.

Hal ini karena tidak menyerahkan LADK (Laporan Awal Dana Kampanye) hingga batas waktu yang ditetapkan yaitu tanggal 10 Maret 2019.

"Jika dilihat dari Partainya ada 6 partai untuk 11 kepengurusan di daerah kabupaten di seluruh Provinsi Kepri," kata Komisioner KPU Provinsi Kepri Devisi Hukum,Widiyono Agung S," Senin (25/3/2019).

Dari 11 kepengurusan parpol yang tidak menyerahkan LADK mereka semua juga tidak mengajukan Caleg di kabupaten tersebut.

"Mereka adalah pertama di Kabupaten Kepulauan Anambas ada 5 partai yaitu PKB, PKS tidak mempunyai kepengurusan partai dan tidak mengajukan Caleg, sedangkan Partai Garuda, Partai Berkarya dan PKPI tidak mengajukan Caleg," terangnya.

Widiyono juga menyebutkan, untuk Kabupaten Lingga terdapat 3 partai yaitu Partai Garuda, PBB dan PKPI ketiganya tidak mengajukan Caleg atau tidak ada pencalonan.

"Selanjutnya, Kabupaten Natuna yaitu Partai Garuda yg tidak ada pengurus dan PKPI tidak mengajukan Caleg. Dan terakhir kabupaten karimun Partai PKPI yang tidak mengajukan Caleg,"terangnya.

Diduga Ada Oknum Bermain Solar di SPBU, Pertamina: Kalau Beli, Kita Tak Bisa Larang

PP Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadhan 1440 Hijriah Senin, 6 Mei 2019, Hari Raya Idul Fitri 5 Juni 2019

PUBG Mobile Batasi Waktu Bermain Maksimal 6 Jam, Ini yang Terjadi Jika Melebihi Batas Main

Hari ini, Sebanyak 34 Pengawas TPS Kecamatan Siantan Akan Dilantik, Mulai Bekerja 14 April 2019

Dia juga menambahkan, ke 6 partai tersebut di masing-masing daerah sudah dihubungi baik melalui surat maupun Group LO oleh KPU Kabupaten. Baik saat melaksanakan bimtek LADK, LPSDK dan surat konfirmasi, tetapi hingga batas tanggal yang ditentukan juga belum mengajukan LADK.

Maka KPU membatalkan kepesertaan sebagai peserta pemilu, melalui Surat KPU RI yaitu Surat Keputusan no. 744 tahun 2019 tentang Pembatalan Parpol sebagai Peserta Pemilu.

"Hal ini sesuai dengan peraturan Dana Kampanye di UU 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, junto PKPU no. 24 tahun 2018 tentang Dana Kampanye Peserta Pemilu, junto PKPU no. 34 tahun 2018 tentang Perubahan ke 2 PKPU no. 24," katanya. (tribunbatam.id/alfandi simamora)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved