PEMILU 2019

Begini Cara Mencoblos saat Pemilu Jika Nama Belum Masuk Daftar Pemilih Tetap

Warga Batam yang belum masuk DPT masih bisa memberikan suaranya saat pemilu yang jatuh 17 April 2019 mendatang. Begini caranya.

Begini Cara Mencoblos saat Pemilu Jika Nama Belum Masuk Daftar Pemilih Tetap
wahyu indri yatno
dpt pemilu 

Begini Cara Mencoblos saat Pemilu Jika Nama Belum Masuk Daftar Pemilih Tetap

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam mengatakan, masyarakat Batam yang belum masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) masih bisa memberikan suaranya (mencoblos) pada hari H pemilu yang jatuh 17 April 2019 mendatang.

Hal ini di ungkapkkan oleh Komisioner KPU Batam, Divisi Program dan Data, Sudarmadi, Kamis (11/4/2019).

"Perihal warga yang belum masuk DPT, masih bisa memberikan suaranya pada hari H pemilu nanti, cuma waktunya mulai dari pukul 12:00 WIB sampai jam 13:00 WIB," terang Sudarmadi.

Sudarmadi juga menyebutkan, adapun aturan bagi warga yang akan mencoblos pada hari H dari jam 12:00 WIB sampai jam 13:00 WIB pada pemilu serentak nanti, cukup hanya membawa KTP-el saja.

"Nanti warga tersebut tinggal menjumpai petugas di TPS dan menyatakan tidak masuk DPT, nanti petugaslah yang akan mengarahkan," tuturnya.

Ia juga menerangkan, bagi warga yang tidak masuk DPT dan memiliki KTP-el tetapi tidak sesuai dengan domisili tempat tinggalnya, warga tersebut ketika hendak memberikan suaranya (mencoblos) harus mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS)sesuai dengan alamat KTP-el yang dimilikinya.

Perairan Batam Sepanjang 4 Kilometer Tercemar Minyak Hitam, Butuh Rp 275 Juta Untuk Membersihkannya

Video Viral Surat Suara Sudah Tercoblos di Selangor Malaysia. Bawaslu Pastikan Bukan Hoaks

Tak Tepati Janji, Bright PLN Akhirnya Buka Suara Penyebab Pemadaman Listrik Hari Ini (11/4)

Simpan Sabu Dalam Anus, Sepasang Kurir Sabu Dibekuk di Batam, Polisi : Dikendalikan Dari Malaysia

Dan jangan lupa membawa KTP-el asli ketika mendatangi TPS tersebut.

"Kasus yang saya maksud tidak sesuai domisili, yakni seperti contoh ada warga yang alamat KTP-elnya ketika mengurus KTP-el masih tinggal di Kecamatan Sei Beduk dan saat ini sudah tinggal di Kecamatan Batu Aji,maka warga tersebut mau tidak mau harus pergi ke TPS sesuai dengan alamat di KTP-el ketika mengurus pertama kali,"terangnya.

Sedangkan bagi warga yang KTP-elnya dari luar Batam dan sudah terdata di Kota asal, jika sampai saat ini tidak melapor ke KPU Batam dan mengambil Formulir A5 untuk mengurus pindah memilih, maka sama sekali tidak bisa mencoblos pada pemilu 2019 nanti.

Sebab untuk tahapan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) bagi pemilih yang mempunyai KTP-el dari luar Batam dan ingin mengurus pindah memilih, tahapannya sudah ditutup 17 Maret lalu.

"Jadi intinya kita sudah memberikan kesempatan kepada warga yang ingin pindah memilih sebelumnya, kalau tidak melapor dan mengurus ke Kantor KPU Batam sampai saat ini, warga tersebut tidak bisa memberikan haknya untuk memilih pada pemilu serentak nanti," tuturnya.

Sudarmadi juga menerangkan,bagi warga yang tidak masuk DPT atau sudah terdata pada Daftar Pemilih Khusus (DPK),ketika datang ke TPS pada pukul 12.00 hingga 13.00 WIB surat suara telah habis, maka pemilih bisa memberikan hak suara di TPS lain yang masih berada di Kelurahan yang sama.

Sementara itu, di tengah adanya penambahan DPTb kota Batam pada hasil pleno yang digelar kemarin, untuk total pemilih di kota Batam ada penambahan.

"Jadi dengan masuknya jumlah DPTb pada pleno kemarin, maka jumlah pemilih kota Batam menjadi bertambah hingga mencapai 656.542 pemilih, sedangkan sebelumnya hanya berjumlah 650.876 orang pemilih di kota Batam," jelasnya. (tribunbatam.id/alfandi simamora)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved