BATAM TERKINI

Antisipasi Virus Cacar Monyet Dari Singapura, Kini Masuk Wilayah Batam Harus Lewati Thermal Detector

Kasus cacar monyet atau virus monkeypox yang ditemukan di Singapura dikhawatirkan masuk ke Indonesia melalui manusia.

Antisipasi Virus Cacar Monyet Dari Singapura, Kini Masuk Wilayah Batam Harus Lewati Thermal Detector
TRIBUNBATAM.id/EKO SETIAWAN
Kantor Kawasan Pelabuhan (KKP) Batam menempatkan alat pengukur suh tubuh manusia atau thermal detector di pintu kedatangan Pelabuhan Feri Internasional Batam Centre, Senin (13/5). 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Kasus cacar monyet atau virus monkeypox yang ditemukan di Singapura dikhawatirkan masuk ke Indonesia melalui manusia.

Siaga mengantisipasi penyebaran virus ini, penumpang kapal dari Singapura yang masuk ke Batam dan Karimun harus melalui thermal detector atau alat pendeteksi suhu tubuh.

"Sebelumnya alat itu juga sudah terpasang. namun letaknya terlalu tinggi. Nah saat ini kita bawa alat baru supaya semua penumpang yang lewat bisa terdeteksi," kata Ketut Ngurah, Kepala Seksi Kepolisian Kawasan Pelabuhan (KKP) Batam di Pealabuhan Batam Centre.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan KKP memasang thermal Detector khusus di pelabuhan international.

Tujuan pemasangan alat ini untuk mendeteksi wisatawan atau warga luar negeri yang masuk ke Batam jangan sampai membawa virus cacar monyet.

"Saat ini kita belum ada indikasi warga luar yang terinfeksi cacar monyet masuk ke Batam, namun kita sudah melakukan langkah awal dengan memasang thermal detector," kata, Kadinkes Batam.

Dia mengatakan, pemeriksaan dilakukan khusus warga Batam dan warga Singapura dan Malaysia yang keluar masuk dari pelabuhan internasional.

"Kita juga sudah siapkan 6 ruang isolasi, jika ada ditemukan warga yang terindikasi mengidap cacar monyet. Ruang isolasi kita siapkan dua di RSUD EF dan empat di RSBP Sekupang," kata Didi.

Cegah Cacar Monyet di Singapura Masuk Batam, Dinkes Siapkan Berbagai Langkah

Viral Virus Cacar Monyet (Monkeypox) di Singapura, 42 Kematian Tercatat di Afrika Tahun 2018

VIRUS Cacar Monyet Jadi Viral, Begini Pesan Direktur Rumah Sakit BP Batam

Direktur Rumah Sakit BP (RSBP) Batam dr Sigit Riyanto, minta masyarakat Batam tidak panik terhadap isu penularan cacar monyet.

"Kepada masyarakat, diminta tidak perlu panik karena virus tersebut relatif dapat segera diatasi bila segera ditangani," kata dr Sigit.

Halaman
1234
Penulis: Eko Setiawan
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved