BATAM TERKINI

VIRUS Cacar Monyet Jadi Viral, Begini Pesan Direktur Rumah Sakit BP Batam

Meskipun risiko penyebarannya rendah, RSBP Batam prinsipnya siap menerima, apabila terdapat pasien terindikasi penyakit cacar monyet tersebut.

VIRUS Cacar Monyet Jadi Viral, Begini Pesan Direktur Rumah Sakit BP Batam
punch media
Penderita cacar monyet atau monkeypox 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Direktur Rumah Sakit BP (RSBP) Batam dr Sigit Riyanto, meminta masyarakat Batam untuk tidak panik terhadap isu penularan cacar monyet atau dikenal dengan sebutan monkeypox virus.

"Kepada masyarakat, diminta tidak perlu panik karena virus tersebut relatif dapat segera diatasi bila segera ditangani," kata Sigit, dalam rilis Humas BP Batam yang diterima Tribun, Senin (13/5) siang.

Meski begitu, RSBP Batam tetap berkoordinasi dengan pihak terkait, untuk mengambil tindakan pencegahan penularan setelah ditemukannya satu kasus impor infeksi virus cacar monyet di Singapura.

"Saat ini belum ada pasien tersebut, BP Batam bersama kantor kesehatan pelabuhan, dinas kesehatan dan seluruh rumah sakit di Batam sudah berkoordinasi dengan baik untuk antisipasi penyebarannya," ujarnya.

Sigit mengatakan, meskipun risiko penyebarannya rendah, RSBP Batam prinsinpnya siap menerima, apabila terdapat pasien terindikasi penyakit menular tersebut.

"Kami sudah meyiapkan ruang isolasi lengkap dengan peralatannya, apabila ada pasien tersebut," kata Sigit.

Video Viral Sekelompok Remaja Membully Seorang Kakek, Begini Nasib Mereka Kemudian

Tak Miliki Izin, BPOM Kepri Temukan 435 Pcs Makanan Ilegal Senilai Rp 92.800.000 di Karimun

Jadwal Buka Puasa Senin 13 Mei 2019/ 8 Ramadhan 1440 H Surabaya, Yogyakarta, Jakarta, Bandung Medan

PROMO Ramadhan, Makin Banyak Beli Sandal Birkenstock Makin Banyak Dapat Potongan Harga

Mayangsari Unggah Foto Mesra Bersama Sang Suami, Ini Panggilan Sayangnya Buat Bambang Trihatmodjo

Ia juga mengingatkan, apabila ada masyarakat atau orang asing yang mengeluh panas tinggi, lemas dan muncul ruam pada kulitnya, untuk segera ke RSBP Batam atau RSUD Embung Fatimah.

Sigit berharap aktivitas perekonomian dan investasi di Kota Batam tidak terganggu dengan isu tersebut. 

Dinkes Siapkan Ruang Isolasi

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, bekerja sama dengan Kepolisian Kawasan Pelabuhan (KKP) untuk memasang thermal Detector khusus di pelabuhan International.

Tujuan pemasangan alat ini adalah untuk mendeteksi wisatawan atau warga luar negeri yang masuk ke Batam agar jangan sampai membawa virus cacar monyet.
"Saat ini kita belum ada indikasi warga luar yang terinfeksi cacar monyet masuk ke Batam, namun kita sudah melakukan langkah awal dengan memasang thermal Detector," kata Didi Kusmarjadi, Kadinkes Batam, Minggu (12/5/2019)
Dia mengatakan, saat ini khusus warga Batam dan warga Singapura dan Malaysia yang keluar masuk dari pelabuhan Internatinol, dilakukan pemeriksaan.
Sementara untuk di Batam, sendiri, kata Didi, petugas medis disiagakan untuk melakukan penanganan medis jika ada ditemukan wisatawan ataupun warga yang terindikasi cacar monyet.
"Kita juga sudah siapkan 6 ruang isolasi, jika ada ditemukan warga yang terindikasi mengidap cacar monyet. Ruang isolasi kita siapkan dua di RSUD EF dan empat di RSBP Sekupang," kata Didi.
Sampai saat ini untuk virus cacar monyet seperti yang viral di negeri seberang belum ada indikasi masuk ke Batam.
"Kita siap-siap jika nanti ada indikasi, tim medis selalu standby untuk melakukan tindakan medis,"kata Didi Kusmarjadi.
Halaman
1234
Penulis: Dewi Haryati
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved