PEMILU 2019

Si Doel Rano Karno Lolos Jadi Anggota DPR RI dengan Suara Tertinggi, Suara PDI-P Banten Ikut Naik

Perolehan suara ini terdongkrak dengan tingginya suara yang diraih oleh mantan Gubernur Banten Rano Karno dengan jumlah 274.294 suara

Si Doel Rano Karno Lolos Jadi Anggota DPR RI dengan Suara Tertinggi, Suara PDI-P Banten Ikut Naik
Warta Kota/Henry Lopulalan
Rano Karno 

TRIBUNBATAM.id, SERANG - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berhasil meloloskan lima calon legislatif ke DPR RI dari Provinsi Banten.

Bahkan, salah satu calegnya tercatat sebagai peraih suara terbanyak se-Banten.

Ketua DPD PDIP Banten Asep Rakhmatullah mengatakan, dari tiga dapil di Banten, PDIP berhasil meloloskan lima calegnya, dengan rincian, satu wakil dari Dapil Banten I dan Banten II, dan tiga wakil dari Dapil Banten III.

Khusus di Dapil Banten III yang meliputi Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang, kata Asep, PDIP sukses mencatatkan prestasi gemilang, dengan meraih suara terbanyak.

Perolehan suara ini terdongkrak dengan tingginya suara yang diraih oleh mantan Gubernur Banten Rano Karno dengan jumlah 274.294 suara.

"Kami apresiasi Pak Rano Karno berhasil meraih suara tertinggi di Tangerang Raya dan mampu mendongkrak suara PDIP," kata Ketua DPD PDIP Banten, Asep Rakhmatullah dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Selasa (14/5/2019).

BERITA PERSIB - Bojan Malisic Ungkap Alasannya Cinta dan Ingin Pensiun di Persib Bandung

UPDATE Real Count KPU Pilpres 2019 Selasa 14 Mei Jam 07.00 WIB, Ini Jumlah Suara Jokowi & Prabowo

Liga 1 2019 Hadirkan 306 Pertandingan Live di Indosiar, O Channel & Vidio.com, Ini Jadwal Matchday 1

Berdasarkan data yang diperoleh dari formulir model DC-1 KPU Provinsi Banten, raihan suara Rano Karno merupakan yang tertinggi di Banten.

Sementara di urutan kedua, terdapat nama Desmond J Mahesa dengan 103.837 suara yang berlaga di Dapil Banten II.

Sementara lima nama caleg PDIP yang diprediksi mengisi kursi parlemen perwakilan Banten antara lain, dari Dapil Banten I Hasbi Asyidiki Jayabaya dengan raihan 40.181 suara, Dapil Banten II Ichsan Soelistyo 25.651 suara dan dari Dapil Banten III yakni Rano Karno 274.294 suara, Marinus Gea 41.471 suara serta Ananta Wahana 26.662 raihan suara.

"Ini sudah sesuai dengan target partai," kata Asep.

Hasil perolehan suara tersebut sudah ditetapkan oleh KPU Banten dalam rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu serentak 2019 tingkat Provinsi Banten yang selesai Senin (13/5/2019) dini hari.

"Rekapitulasi DPR RI sudah kita tetapkan, tapi belum pengesahan karena kewenangan ada di KPU RI," kata Komisioner KPU Banten Mashdi.

* Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Raih Suara Terbanyak di Banten, Rano Karno Dongkrak Suara PDI-P" 

Editor: nandrson
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved