Ratusan Warga Tiban Koperasi Nyaris Bentrok, Ini Pemicunya

Ratusan warga Tiban Koperasi, Kelurahan Tiban Baru, Sekupang, Batam nyaris bentrok, Kamis (22/9) pukul 16.30 WIB. Ini pemicunya

Ratusan Warga Tiban Koperasi Nyaris Bentrok, Ini Pemicunya
tribunbatam/leohalawa
Protes warga Tiban Koperasi dengan membentangkan spanduk, Kamis (22/9/2016) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Ratusan warga Tiban Koperasi, Kelurahan Tiban Baru, Sekupang, Batam nyaris bentrok, Kamis (22/9) pukul 16.30 WIB dengan pekerja penimbunan kolam di lokasi. Beruntung peristiwa itu tidak pecah karena beberapa ketua RT dan RW di sana turun meredakan emosi masa.

"Sudah-sudah, bapak ibu tenang. Jangan sampai ribut-ribut. Apa pun permasalahan bisa diselesaikan. Meski merasa disakiti jangan saling adu mulut yang bisa berakibat fatal dengan adu fisik," kata Ketua RW 06

Massa yang awalnya nyaris bentrok akhirnya membubarkan diri satu per satu meninggalkan lokasi. "Kami akan lanjutkan, apa pun ini kolam jangan dikotori. Ini kolam alami, kembalikan hak-hak kami," kata-kata warga yang semula emosi meninggalkan lokasi.

Pantauan Tribun Batam, massa awalnya berpencar-pencar. Ada yang menelusuri sungai dan ada juga yang membentangkan spanduk bertuliskan penolakan penimbunan kolam di Tiban Koperasi.

Sujanto, seorang warga di lokasi menjelaskan, pemicu keributan saat ratusan warga yang terdiri dari RT 01 sampai 05 dan RW 01 sampai 06 menolak kegiatan perusahaan yang sedang bekerja di sana dan diduga melalukan penimbunan kolam Tiban Koperasi yang letaknya persis depan SMP Negeri 20 Batam.

"Mereka menolak penimbunan kolam alami ini. Memang beberapa kali disurati pihak pemerintah dan pengerok lahan. Tapi tak ada tanggapan sampai detik ini. Kegiatan ini sudah sebulan lebih kali ya. Mungkin ini yang menyulut emosi warga dan ribut tadinya," ujar Sujanto

Reni warga lain berkata, agar pengusaha yang sedang melakukan aktivitas pada cut and fill yang mengakibatan tersumbatnya mulut kolam alami itu mengehentikan segera. (*)

Berita Terkait Baca di Tribun Batam Edisi Jumat (23/9/2016)

Penulis: Leo Halawa
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved