Tak Ada Duit, Asean Jazz di Batam Mendadak Hilang

Kota Batam, Kepri terpaksa kembali kehilangan momen untuk even besar sekelas Asean Jazz Festival tahun ini gara-gara ini

Tak Ada Duit, Asean Jazz di Batam Mendadak Hilang
www.123rf.com
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Kota Batam, Kepri terpaksa kembali kehilangan momen untuk even besar sekelas Asean Jazz Festival tahun ini. Alasannya lagi-lagi karena keterbatasan anggaran di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Padahal beberapa waktu lalu saat event Borneo Extravaganza di Batam, Asisten Deputi Pengembangan Pasar Personal Kementerian Pariwisata, Raseno Arya mengatakan, pihaknya saat itu juga tengah fokus menggarap Asean Jazz Festival di Batam.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Guntur Sakti mengatakan, seyogyanya Asean Jazz Festival memang akan diadakan di Batam 2016. Namun Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengalami defisit anggaran.

"Asean Jazz hilang. Seyogyanya ada tahun ini. Tapi baru-baru ini Kemenpar mengalami defisit anggaran," kata Guntur, Selasa (4/10/2016) di Pacific Hotel.

"Setahu saya tidak ada Asean Jazz tahun ini. Pindah," ujarnya lagi sembari mengulang pernyataan yang sama beberapa kali.

Jikapun Asean Jazz akan kembali digelar di Batam, menurut Guntur, venue Harbour Bay yang sudah beberapa tahun terakhir menjadi tempat pelaksanaan even besar ini, mesti dirombak.

"Kalau di Batampun, harus ubah venue. Venue Harbour Bay juga tak mendukung," kata Guntur.

Asean Jazz Festival setidaknya sudah berlangsung tujuh kali di Batam, Kepri hingga 2014. Tahun lalu, gelaran Jazz tetap hadir di Batam, diinisiasi Batam Jazz Society, sebuah komunitas pecinta jazz Batam.

Komunitas ini bekerjasama dengan Swiss Belhotel Harbour Bay. Pelaksanaannya pada April lalu bertepatan dengan peringatan hari Jazz Internasional yang jatuh setiap 30 April. Diisi musisi jazz Idang Rasjidi and friend, Rika Roeslan, Imaniar, Idham Noorsaid, dan band-band jazz lokal lainnya yang tak kalah piawai memainkan musik jazz. (*) 

Penulis: Dewi Haryati
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved