Peringati Hari Dharma Samudera, Lantamal Tanjungpinang Tabur Bunga di Laut

Peringati Hari Dharma Samudera, prajurit di Lantamal Tanjungpinang gelar apel dilanjutkan dengan tabur bunga di laut

Peringati Hari Dharma Samudera, Lantamal Tanjungpinang Tabur Bunga di Laut
tribunbatam/thom limahekin
Tabur bunga di peringatan hari Dharma Samudera, Minggu (15/1/2017) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG-Prajurit TNI Angkatan Laut wilayah Kepri menggelar upacara peringatan Hari Dharma Samudera di lapangan apel Mako Lantamal IV Tanjungpinang, Minggu (15/1/2017) pagi.

Upacara dilanjutkan dengan kegiatan tabur bunga yang dilaksanakan di dermaga Yos Sudarso Mako Lantamal IV

Inspektur Upacara adalah Wadan Lantamal IV Kolonel Laut (P) Dwika Tjahya Setiawan.

"Tanggal 15 Januari merupakan hari yang bersejarah bagi TNI Angkatan Laut yang diperingati sebagai Hari Dharma Samudera," kata Dwika.

Dia menjelaskan, agenda yang digelar setiap 15 Januari itu, bertujuan untuk mengenang jasa dan pengorbanan para pahlawan yang gugur dalam berbagai pertempuran di laut.

Misalnya, pertempuran di selat Bali, laut Cirebon, teluk Sibolga dan puncaknya adalah pertempuran Laut Aru pada 15 Januari 1962.

"RI Macan Tutul yang melakukan patroli sekaligus misi pendaratan bagi sukarelawan asal Irian ke pantai Kaimana berangkat bersama RI Macan Kumbang dan RI Harimau yang merupakan kapal cepat torpedo yang dimiliki ALRI pada saat itu," cerita Dwika.

Dia melanjutkan, Komodor Yos Sudarso yang menjabat sebagai Deputi Kasal dan berada di RI Macan Tutul akhirnya mengambil tindakan untuk melakukan perlawanan kepada kapal-kapal Kerajaan Belanda demi menyelamatkan RI Macan Kumbang dan RI Harimau.

"Pertempuran di laut Aru merupakan puncak dari perjuangan dan patriotisme putra-putra bahari bangsa Indonesia waktu itu dengan gugurnya Komodor Yos Soedarso dan tenggelamnya RI Macan Tutul," ungkap Dwika lagi.

Kasal dalam amanatnya yang dibacakan oleh Wadan Lantamal IV itu mengatakan bahwa sebagai prajurit matra laut pengawal samudera, sikap ksatria dan suri tauladan yang ditunjukkan oleh pendahulu kita harus diwarisi dengan sepenuh hati.

Halaman
12
Penulis: Thom Limahekin
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved