Bintan Keren! Bekas Tambang Pasir Disulap Menjadi Lokasi Wisata Danau. Ini Penampakannya!

Bintan Keren! Bekas tambang disulap menjadi objek wisata danau biru. Ini penampakannya!

Bintan Keren! Bekas Tambang Pasir Disulap Menjadi Lokasi Wisata Danau. Ini Penampakannya!
tribunbatam/aminnudin
Suasana wisata di bekas galian tambang Danau Biru Bintan 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BINTAN-Ingin menyelami danau dengan bias cahaya biru lembut menggoda? Ataukah ingin sekedar ingin cuci mata dengan dimanjakanview danau berwarna jernih alami?

Baca: Terbongkar! Begini Akal-akalan Tersangka Pembunuh Siswa SMA Taruna Kambing Hitamkan Siswa Lain

Nah, kalau untuk itu, tak perlu jauh jauh ke tempat lain. Anda juga tak perlu buang kocek ke pulau Flores sekadar menyaksikan birunya danau khas Kelimutu yang populer hingga ke mancahegara.

Kini, di Bintan yang demikian juga ada. Lokasinya di Kampung Sei Lapan Desa Kuala Sempang, Kecamatan Sri Kuala Lobam. Namanya sesuai warna air danaunya, biru bening. Danau biru!

Seperti objek wisata gurun pasir Bintan yang terbentuk dari sidementasi bebatuan tambang, pun demikian dengan danau biru. Karena kerap dijadikan tempat cuci mata,

danau biru dan objek wisata ala gurun pasir Bintan akhirnya disulap menjadi objek wisata komersil. Pengelolaannya dibuat dalam wadah Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Objek wisata komersil Danau Biru dalam wadah Bumdes sudah resmi dibuka pada Minggu (2/4) kemarin. "Minggu kemarin sudah resmi dibuka dengan sistem pengelolaan dibawah Bumdes setempat.

Harapan kita, ketika sudah dikelola dalam Bumdes, ada peningkatkan pemasukan bagi daerah, setidaknya bagi Bumdes setempat,"kata Roni Kartika, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyakata dan Desa (DPMD) Bintan, Senin (3/4/2017).

Belum disebutkan, berapa besaran retribusi yang akan dikenakan buat pengunjung ketika danau biru resmi dikelola Bumdes. Namun menurut Roni dipastikan terjangkau. "Kita buat lebih terjangkau, sehingga pengunjung pada banyak yang berdatangan,"kata Roni.

Apalagi menurutnya animo pengunjung cukup tinggi.

Kepala Desa Kuala Sempang Mohammad Hatta mengatakan, pihaknya akan menata terus objek kawasan danau biru. Penataan mulai dari fasilitas, tempat nongkrong, keamanan, hingga kalau perlu tempat hangout menarik dan murah meriah. "Kita buat lebih nyaman, aman, dan tenang. Pokoknya dikelola profesionallah,"kata dia.

Mohd Hatta juga menambahkan, selain danau biru, ada lagi tempat rekreasi ciamis yang siap dikelola sebagus mungkin. Tempat itu seperti embung dan kawasan wisata mangrove hijau alam. "Kita ada embung, ada juga kawasan mangrove hijau alam yang cantik dan view menawan. Pokoknya, kita akan kelola seapik mungkin,"ujarnya.(*)

Penulis: Aminnudin
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved