Operasi Sapu Bersih Pungli

Pungli Pelabuhan Lagi. Kali Ini Syahbandar yang Tertangkap. Begini Modusnya

Operasi tangkap tangan (OTT) itu disinyalir terkait pungutan liar oleh petugas Kesyahbandaran dan Operasional Pelabuhan (KSOP) terhadap agen kapal.

Tribun Batam/Wahib Wafa
Herbert Simamora (tengah), tersangka pungli KSOP Pelabuhan Sri Bintan Pura, digiring ke Polres Tanjungpinang, Senin (1/5/2017). 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM.TANJUNGPINANG- Bau anyir pungli di jajaran Kementerian Perhubungan ternyata tidak berhenti meskipun pelaku pungli sering ditangkap.

Kembali, kasus pungli pelabuhan kembali terbongkar.

Kali ini tim Saber Pungli Polres Tanjungpinang yang menangkap petugas syahbandar di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang,, Senin (1/5/2017) siang.

Operasi tangkap tangan (OTT) itu disinyalir terkait pungutan liar oleh petugas Kesyahbandaran dan Operasional Pelabuhan (KSOP) terhadap agen kapal.

Dari lima orang yang diamankan, satu orang bernama Herbert Simamora ditetapkan sebagai tersangka dan uang pungli sebesar Rp 2,6 juta.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Joko Bintoro mengatakan, praktik pungli ini sudah lama diselidiki sampai akhirnya Tim Saber melakukan penangkapan.

Bagaimana cara petugas KSOP memungut uang haram dari para agen kapal?

Ternyata, para agen kapal harus menyetor uang untuk mendapatkan surat jalan dan manifest dari petugas KSOP yang merupakan otoritas pengawasan kapal di pelabuhan.

Joko mengatakan, tidak tertutup kemungkinan tersangka bertambah.

Pantauan Tribun, saat ini empat orang yang diamankan masih diperiksa di ruang Reskrim Polres Tanjungpinang.

Beberapa petugas syahbandar, saat diperiksa, juga masih mengenakan seragam.

Penulis:
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved