Kasus Jual Beli Data Perbankan

GAWAT! 32 Data Nasabah Kartu Kredit Ini Dapat Diakses dan Dijual di situs temanmarketing.com

Penelusuran TRIBUNBATAM.id terhadap situs temanmarketing.com, setidaknya ada 32 data nasabah Kota Batam yang terpampang di situs tersebut.

GAWAT! 32 Data Nasabah Kartu Kredit Ini Dapat Diakses dan Dijual di situs temanmarketing.com
screenshot portal temanmarketing.com
Data Nasabah dijual 

TRIBUNBATAM.id- Praktik jual beli data perbankan dari situs temanmarketing.com yang sedang diungkap jajaran Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, tampaknya juga menjual data nasabah dari Kota Batam.

Penelusuran yang dilakukan TRIBUNBATAM.id terhadap situs temanmarketing.com, setidaknya ada 32 data nasabah yang dilampirkan saat kita melakukan penelusuran dengan kata kunci 'Kota Batam' di situs tersebut.

Mayoritas data itu adalah pemilik kartu kredit dengan klasifikasi reguler, gold, platinum, dan black platinum.

Kartu kredit tersebut tidak hanya berdasarkan satu bank, melainkan dari beberapa seperti BCA, BRI, Mandiri, Citibank, KBC, ANZ, Manhattan, Niaga, dan Standard.

Bahkan, data yang terpampang tidak hanya sekadar data umum nasabah seperti nama pemilik pemegang kartu dan nomor kartu kredit, melainkan sangat lengkap mulai dari nomor telepon, alamat, tanggal lahir, tanggal dikeluarkan kartu, nomor rekening, sampai pada nomor KTP dan nama marketing bank yang mengeluarkan kartu.

Dalam situs tersebut, terdapat 13 judul data base perbankan. Data nasabah itu berasal dari berbagai kota. Pembeli ditawarkan untuk membeli premium untuk mendapatkan data sesuai kota yang diinginkan.

Baca: Begini Modus Pelaku Bobol Kartu Kredit Pakai Data Curian dari Situs Temanmarketing.com

Baca: Polisi Ungkap Jual Beli Data Nasabah Bank Lewat Sebuah Situs. Pembelinya Pembobol Kartu Kredit

Setelah ditelusuri, hanya ada dua dari 13 judul tersebut yang benar-benar memuat data nasabah kartu kredit secara detail. Sementara lainnya hanya berupa deskripsi.

Data tersebut sangat mudah diunduh oleh siapapun dari situs tersebut.

Halaman
12
Penulis:
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved