Robot Politeknik Batam Berlaga di Canada, Kalahkan Tiongkok di Robocup 2018 Divisi KID-Size

Tim robot Polibatam, Barelang FC berhasil menjadi juara 3 dalam lomba robot tingkat internasional (RoboCup 2018) untuk divisi KID-Size

Robot Politeknik Batam Berlaga di Canada, Kalahkan Tiongkok di Robocup 2018 Divisi KID-Size
ist
Tim robot Politeknik Negeri Batam (Polibatam), Barelang FC berhasil menjadi juara 3 dalam lomba robot tingkat internasional (RoboCup 2018) untuk devisi KID-Size. Lomba ini diselenggarakan tanggal 16- 22 Juni 2018 di Montreal Canada. 

TRIBUNBATAM.id - Tim robot Politeknik Negeri Batam (Polibatam), Barelang FC berhasil menjadi juara 3 dalam lomba robot tingkat internasional (RoboCup 2018) untuk divisi KID-Size.

Lomba ini diselenggarakan oleh RoboCup Committee pada tanggal 16- 22 Juni 2018 di Montreal Canada.

Dalam lomba ini ditandingkan Robot Humanoid sepak bola. Prestasi ini merupakan capaian perdana bagi Indonesia untuk divisi tersebut sejak mengikuti event bergengsi tingkat internasional 18 tahun yang lalu.

Bagi tim robot Polibatam prestasi tahun ini meningkat satu level dari tahun 2017 di Nagoya Jepang.

Tim Barelang FC mewakili Indonesia untuk divisi KID-Size setelah meraih juara 1 tingkat nasiaonal di Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Dalam kompetisi ini delegasi Indonesia terdiri dari 6 mahasiswa, 2 dosen pembimbing, 1 orang manajemen Polibatam, dan 1 orang perwakilan dari Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Kelima robot Barelang FC yang diterjunkan dalam kompetisi ini merupakan hasil riset dan karya dari Hanjaya, Gobar, Akbar, Andre, Febri, dan Joni dengan bimbingan Eko Rudiawan, Hedawan dan Susanto dosen Jurusan Elektro Polibatam. Proses riset dan pengembangan robot-robot tersebut 100 persen di laboratorium Robotika Polibatam.

Pada tahap penyisihan Tim Barelang FC berada pada Group D. Pertandingan pertama berhadapan dengan China Tim Pertama dengan Skor 2-1 untuk Barelang FC. Pertandingan kedua Barelang FC kembali menang melawan Mexico dengan skor 4-0. Dan pertandingan ketiga melawan UK dengan skor 1-1.

Serangkaian kemenangan tersebut telah membawa Barelang FC sebagai juara grup D dan masuk menjadi tim 16 besar.

Pada babak ini tim besutan Polibatam mendapatkan keuntungan pertandingan Bye (tanpa lawan). Selanjutnya, pada babak perempat final bertanding melawan Brazil dengan kemenangan di pihak Barelang FC 4-0.

Pada babak semi final tim ini bertemu Perancis. Polibatam terpaksa harus mengakui keunggul dari tim pemenang pada tahun 2017 tersebut. Kekalahan tersebut masih menyisakan peluang bagi Tim Robot wakil Indonesia untuk mengukir prestasi, memperebutkan juara ketiga melawan China Tim Kedua.

Setelah melalui perpanjangan waktu dan adu pinalti, Tim Barelang FC akhirnya berhasil menaklukkan Tim Negara Tirai Bambu dengan skor 4-3 untuk Indonesia.

Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Muslim Ansori menyampaikan capaian prestasi ini merupakan hadiah luar biasa atas ketabahan dan ketangguhan Tim Barelang FC yang nyaris gagal mengikuti RoboCup 2018 ini dikarenakan sempat terkendala masalah penerbangan.

Tim ini harus menunda keberangkatan dan menginap di ruang tunggu Bandara Kuala Lumpur 2 hari 2 malam. (*)

Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved