GEMPA DONGGALA PALU

DARURAT! Ini 6 Kebutuhan yang Sangat Mendesak Bagi Korban Gempa Palu. Genset hingga Alat Fogging

Pemerintah memutuskan untuk menerima tawaran bantuan internasional untuk bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

DARURAT! Ini 6 Kebutuhan yang Sangat Mendesak Bagi Korban Gempa Palu. Genset hingga Alat Fogging
IST/Dinas Penerangan Korps Marinir
Evakuasi korban gempa bumi dan tsunami Donggala dan Palu Sulawesi tengah oleh Prajurit Korps Marinir (Kormar) TNI AL, jajaran TNI dan pihak terkait, Minggu (30/9/2018) 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Untuk mengatasi situasi darurat akibat bencana di wilayah Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah, pemerintah memutuskan untuk menerima tawaran bantuan internasional.

Namun, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan, pemerintah akan selektif dan mengkoordinasikan bantuan itu agar tetap berguna.

"Saat ini yang kami butuhkan, yakni untuk tanggap darurat, kebutuhan yang langsung untuk masyarakat," ujar Wiranto di Jakarta, Senin (1/10/2018)

Pemerintahan sudah membuat daftar bantuan apa saja yang dibutuhkan dalam masa tanggap darurat pasca-gempa dan tsunami di Palu dan Donggala.

Berikut daftar kebutuhan tanggap darurat:

Baca: Sedih dengan Gempa Palu, David Beckham Ungkapkan Ini di Instagram Pribadinya

Baca: Cerita Saksi Mata Melihat Dahsyatnya Gempa Palu, Anak Terlepas dari Ibunya Setelah Tertelan Lumpur

Baca: Angkat Galon hingga Jenazah, Beginilah Kegiatan Pasha Ungu Ikut Urusi Korban Gempa Palu

1. Alat angkut udara

Saat ini pemberian bantuan yang paling cepat dan efektif disalurkan melalui jalur udara. Sebab beberapa jalan darat masih terputus. Namun, tak banyak pesawat yang bisa mendarat di bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu. Sebab dari panjang 2.500 meter landasan pacu, hanya 2.000 meter saja yang bisa didarati. "Dan di sana yang bisa mendarat adalah jenis pesawat angkut besar C130 hercules. Oleh karena itu kami harapkan alat angkut udara C130 hercules," kata Wiranto.

2. Tenda pengungsian

Wiranto mengatakan, banyak warga memilih untuk mengungsi karena rumahnya rusak parah. Tercatat ada 109 lokasi tempat pengungsian. Kebutuhan tenda menjadi salah atau yang dibutuhkan.

3. Water treatment

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved