BATAM TERKINI

Polda Kepri Kirim 300 Personel Ikut Amankan Pengumuman Pemilu 22 Mei 2019 di Jakarta

Sebanyak 300 personel dari Sat Brimob dan Samapta Polda Kepri dikirim ke Polda Metro Jaya, Jumat (17/5) sekitar pukul 22.00 WIB.

Polda Kepri Kirim 300 Personel Ikut Amankan Pengumuman Pemilu 22 Mei 2019 di Jakarta
TRIBUNBATAM.ID/LEO HALAWA
Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto didampingi sejumlah pejabat utama Polda, memimpin upacara apel pemberangkatan tersebut di Bandara Hang Nadim Batam. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Sebanyak 300 personel dari Sat Brimob dan Samapta Polda Kepri dikirim ke Polda Metro Jaya, Jumat (17/5) sekitar pukul 22.00 WIB.

Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto didampingi sejumlah pejabat utama Polda, memimpin upacara apel pemberangkatan tersebut di Bandara Hang Nadim Batam.

Dua jam kemudian atau Sabtu (18/5/2019) sekitar jam 00.05 WIB sebanyak 300 personel itu lepas landas menuju ke Bandara Soekarno Hatta.

Dalam arahannya menyampaikan, 300 personel bantuan kendali operasi (BKO) pilihan itu akan dikirim untuk memperkuat lapis pengamanan pengumuman hasil Pemilu 2019, Rabu (22/5/2019) mendatang.

"Tugas ini merupakan amanah yang harus dituntaskan didalam rangka menjaga keamanan, ketertiban masyarakat. Tugas yang diberikan ini merupakan tugas mulia dan suatu kehormatan serta kebanggaan. Selaku aparat penegak hukum di dalam bertindak harus sesuai dengan peraturan dan Perundang-undangan serta SOP yang sudah ditentukan," kata Andap mengingatkan anggotanya.

Andap berkata, agar anggotanya yang dikirim harus mempertimbangkan beberapa aspek hukum.

Agar tidak salah langkah dan tidak malah melanggar aturan hukum.

Andap menguraikan, Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum dan UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana (KUHP) tidak bisa dikesampingkan.

Masyarakat bebas berpendapat di muka umum. Asalkan sesuai pada aturan hukum yang berlaku.

"Dalam pelaksanaan tugas di lapangan diharapkan agar melayani masyarakat dengan baik. Taat azas, aturan, SOP, konsignes yang ada dan tetap dalam ikatan satuan. Laksanakan tugas dengan sebaik-sebaiknya serta bermohon dan berdoa kepada Allah SWT," ujar Andap.

Seperti diketahui, paska pemilu, Rabu (17/5/2019) lalu akan diumumkan hasilnya oleh KPU Rabu yang tinggal empat hari lagi.

Gejolak sosial di ibu kota begitu tampak baru-baru ini. Apalagi, segelintir kelompok disebut-sebut akan mengerahkan 'people power' atau kekuatan rakyat. Khususnya bagi mereka yang merasa dicurangi pada pemilu ini. (tribunbatam.id/Leo Halawa)

Penulis: Leo Halawa
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved