BATAM TERKINI

OJK: Insyallah, Tak Ada Money Laundering di Batam, Kredit Macet 25 BPR di Batam di Atas “Normal”

OJK mematok ambang aman kredit macet industri perbankan nasional di angka 5%. Di Batam, risiko kredit macet BPR justru di ambang aman yakni 6,8 persen

OJK: Insyallah, Tak Ada Money Laundering di Batam, Kredit Macet 25 BPR di Batam di Atas “Normal”
TRIBUNBATAM.id/PUTRI LARASATI ANGGIAWAN
OJK Provinsi Kepri menggelar buka puasa bersama media, Kamis (24/5/2019) 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mematok ambang aman kredit macet industri perbankan nasional di angka 5%.

Secara nasional, risiko kredit perbankan, atau yang diistilahkan dengan non performan loan (NPL) sepanjang tahun 2018 tercatat melandai. Per akhir Desember 2018 lalu, misalnya, posisi kredit macet rerata (gross) di level 2,2%.

Rasio tersebut jauh lebih rendah dibandingkan posisi tahun 2017 yang sempat ada di level 2,59%. 

Namun, di Batam berbeda. Risiko kredit macet (NPL), bank perkreditan rakyat (BPR) justru di atas ambang aman, 6,8 persen.

Di Batam, hingga kuartal pertama 2019, tercatat ada 25 bank skala mikro, itu termasuk BPR konvensional dan BPR syariah. Sedangkan untuk NPL bank konvensional masih terbilang normal, 2,66%.

Tingginya risiko kredit macet BPR ini, kata Kepala OJK Kepulauan Riau, Iwan M Ridwan, karena melesunya ekonomi di Batam, dalam tiga tahun terakhir, serta faktor lain, seperti ekspansifnya bank menyalurkan kredit konsumtif.

“Ada banyak faktor, tapi dari temuan sementara itu karena kredit kendaraan dan rumah,” kata Iwan menjawab pertanyaan wartawan di sela-sela Buka Puasa OJK Kepri dengan Media di Hotel Sahid, Batam Center, Kamis (23/5) petang.

Iwan membantah sinyalemen tingginya rasio kredit bermasalah di kota berpenduduk 1,2 juta ini, karena adanya praktik pencucian uang (money loundering) di bank skala mikro itu.

“Insyallah, di Batam ini tak ada money laundering, Tim kita terus mengawasi kreditur dan pemiliknya,” katanya menjawab pertanyaan Tribun.

THR 2019 Sudah Cair, PNS Batam Mulai Mengantre di ATM Bank Riau Kepri, Segini Besaran THR Diterima

Minggu (26/5) Besok, Wakil Walikota Batam Undang Warga Batam Buka Puasa Bersama di Rumahnya

Harga Tiket Pesawat Mahal Tetap Dipilih, Ternyata Ini Alasan Penumpang di Bandara Hang Nadim Batam

Membacakan laporan tertulis sebelum buka puasa, Uwan yang juga mantan pejabat BI Kepri di Batam ini, menyebutkan secara keseluruhan stabilitas jasa keuangan di Batam, dalam tren positif dan stabil.

Halaman
123
Penulis: thamzilThahir
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved