BATAM TERKINI

Waspada Uang Palsu, Bank Indonesia Imbau Warga Tukar Uang di Tempat Resmi

Bank Indonesia (BI) mewanti-wanti masyarakat terhadap peredaran uang palsu menjelang mudik Lebaran 2019.

Waspada Uang Palsu, Bank Indonesia Imbau Warga Tukar Uang di Tempat Resmi
TRIBUNBATAM.ID/ALFANDI SIMAMORA
Bank Indonesia bersama perbankan membuka 6 outlet penukaran uang baru menjelang Lebaran di Sagulung dan Tiban Centre, Sabtu (18/5/2019). 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Bank Indonesia (BI) mewanti-wanti masyarakat terhadap peredaran uang palsu menjelang mudik Lebaran 2019. Hal itu mengingat kebutuhan transaksi belanja dan penukaran uang menjelang lebaran sangat tinggi.

Dalam momen Ramadan biasanya masyarakat Kota Batam disibukkan dengan aktivitas penukaran uang dalam jumlah banyak oleh sejumlah masyarakat. Hal ini sudah menjadi tradisi untuk bagi-bagi Tunjangan Hari Raya (THR) kepada sanak keluarga.

Menganggapi hal tersebut Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kepri, Fadjar Majardi mengimbau kepada masyarakat di seluruh wilayah Provinsi Kepri untuk lebih teliti dengan pemilihan tempat penukaran uang. Mewaspadai adanya peredaran uang palsu dalam berbagai pecahan saat bertransaksi.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan penukaran uang di tempat-tempat resmi. Mengingat, hal tersebut akan menjamin keasliannya dan jumlahnya," ujar Fadjar Jumat (24/5/2019).

Lebih lanjut, Fadjar mengatakan agar terhindar dari peredaran uang palsu, BI mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk melakukan penukaran uang di tempat-tempat resmi yang sudah ditentukan. Baik di lembaga perbankan maupun ke kantor Bank Indonesia Perwakilan Kepri secara langsung.

Ingin Tukar Uang Persediaan Lebaran,BI Buka Layanan Tukar Uang Sabtu- Minggu di Dataran Engku Putri

BPN Prabowo - Sandi Tidak Sendirian Ajukan Gugatan ke MK. Pendukungnya Selalu Setia Temani

Berhatilah Hatilah Pakai VPN, Uang di Rekening Ludes, Sudah 7 Orang Jadi Korban

Sementara itu meski banyak tempat penukaran uang, memang sangat membantu distribusi dan kinerja Bank Indonesia. Akan tetapi pihaknya tidak bisa menjamin keasliannya dan jumlahnnya juga.

"Masyarakat harus mengetahui secara pasti ciri-ciri dari uang asli dengan pola dilihat, diterawang, dan diraba. Bersyukur, saat ini belum adanya temuan adanya uang palsu selama Ramadan maupun menjelang Hari Raya Idul Fitri," paparnya. (tribunbatam.id / Roma Uly Sianturi)

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Sihat Manalu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved