Kasihan, Spesies Terakhir Badak Sumatera Jantan di Sabah Malaysia Mati

Spesies terakhir badak Sumatra jantan bercula satu di Sabah yang bernama Tam mati di Hutan Taman Marga Satwa Tabin, Lahad Datu, Sabah, Senin siang

Kasihan, Spesies Terakhir Badak Sumatera Jantan di Sabah Malaysia Mati
Berita Harian
badak Sumatera bercula bernama Tam, satu-satunya badak sumatera jantan di Malaysia, mati dalam usia 35 tahun 

TRIBUNBATAM.ID, KOTA KINABALU - Spesies terakhir badak sumatra jantan bercula satu di Sabah yang bernama Tam mati di Hutan Taman Marga Satwa Tabin, Lahad Datu, Sabah, Senin (27/5/2019) siang.

Menteri Pariwisata, Kebudayaan dan Lingkungan Malaysia Christina Liew mengatakan, ia diberitahu berita sedih tentang badak sumatera itu oleh Kepala Taman Marga Satwa Sabah, Augustine Tuuga.

 “Dengan rasa dukacitanya, Tam mati tengah hari tadi... Kita sudah melakukan apa yang perlu dilakukan. Seminggu terakhir, kita melakukan penjagaan paliatif oleh petugas Borneo Rhino Alliance (BORA) selama 24 jam," katanya seperti dilansir Berita Harian  online.

“Penyebab kematian akan diumumkan kemudian setelah autopsi dilakukan,” katanya.

Christina mengatakan, kematian Tam juga berkaitan dengan faktor usia selain organ tubuhnya tidak berfungsi dengan baik.

Tam yang berusia lebih dari 35 tahun hilang selera makan dan kurang responsif sejak April lalu.

Tam ditangkap di perkebunan di wilayah Kretam, sebuah kawasan kelapa sawit di Lahad Datu, Agustus tahun 2008 dan kemudian dipindahkan ke Taman Margasatwa Tabin.

Badak Sumatera bernama Tam dalam upaya penyelamatan

Saat ditangkap, Tam diperkirakan berusia 20-an di utara Kalimantan itu, berarti sudah memasuki umur tua bagi seekor badak bercula Sumatra.

Sejak 2011, berbagai usaha dilakukan pemerintah Malaysia untuk menyelamatkan badak sumbu Sumatra dari kepunahan dengan barbagai cara, termasuk menggunakan teknologi pembiakan terkini, termasuk secara in vitro, bekerjasama dengan Indonesia.

Usaha untuk mencari pasangan untuk Tam juga pupus setelah badak betina bernama Puntung yang ditangkap tahun 2011 mengalami masalah rahim.

Halaman
123
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved