Pemerintah Samosir Sumut Jajaki Peluang Kerjasama dengan ATB

Pemerintah Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara, menjajaki peluang kerjasama pengelolaan air dengan PT. Adhya Tirta Batam (ATB).

Pemerintah Samosir Sumut Jajaki Peluang Kerjasama dengan ATB
ist
Presiden Direktur ATB Benny Andrianto saat menjelaskan keunggulan SCADA ATB kepada Wakil Bupati Kabupaten Samosir, Juang Sinaga di Kantor Pelayanan Pelanggan ATB Sukajadi 

TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara, menjajaki peluang kerjasama pengelolaan air dengan PT. Adhya Tirta Batam (ATB).

Pemerintah Kabupaten Samosir menilai, kehadiran ATB sebagai perusahaan pengolahan air di Samosir akan turut mendorong pertumbuhan wilayah tersebut.

“Samosir sudah menjadi Kawasan Strategis Nasional untuk pariwisata. Infrastruktur air menjadi sangat penting, sehingga harus dikelola oleh perusahaan profesional. ATB adalah perusahaan yang kami lihat memiliki kapasitas tersebut,” ujar Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga.

Pemkab Samosir telah melakukan survey terhadap sejumlah perusahaan pengolahan air yang ada di Indonesia.

Menurut Juang, hasil survey menunjukkan bahwa ATB merupakan perusahaan terbaik, dengan sistem pengelolaan paling efisien yang ada di Indonesia.

Sebagai kawasan strategis nasional, kebutuhan air bersih di Samosir tidak hanya untuk penduduk setempat. Kota yang berada di tengah danau Toba ini dikunjungi sekitar 1 juta turis setiap tahunnya, dan akan terus bertambah seiring pengembangan kawasan Danau Toba.

Penyerahan cindera mata dari ATB kepada perwakilan pemerintah Kabupaten Samosir saat melakukan kunjungan kerja ke ATB
Penyerahan cindera mata dari ATB kepada perwakilan pemerintah Kabupaten Samosir saat melakukan kunjungan kerja ke ATB (ist)

Pemkab Samosir harus memastikan, kebutuhan air bersih untuk para wisatawan yang datang bisa diakomodir dengan baik. Selama ini kebutuhan tersebut belum dikelola optimal, karena distribusi air bersih hanya difokuskan pada pemukiman padat penduduk.

“Sudah waktunya ATB juga ada di Samosir, ini impian kami. Air adalah infrastruktur utama setelah jalan,” jelasnya.

Juang bersama timnya diterima oleh Presiden Direktur ATB, Benny Andrianto, di kantor ATB pada Senin (17/6) silam. Selain mendapat penjelaan dari Benny Andrianto, delegasi Pemkab Samosir juga berkesempatan mengunjungi Instalasi Pengolahan Air (IPA) Muka Kuning dan Duriangkang. Menurutnya, sistem IT yang digunakan oleh ATB berada jauh di atas ekspektasinya.

“Jika 25 persen saja dari yang kami lihat disini bisa diterapkan di Samosir, maka masalah pengolahan dan distribusi air bersih bisa langsung selesai,” jelasnya.

Halaman
123
Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved