KARIMUN TERKINI

Jadikan Warga Binaan Mitra Kerja, BPJS Ketenagakerjaan Jalin Kerjasama dengan Rutan Karimun

"Diharapkan pembinaan yang didapat sebagai bekal melanjutkan kehidupannya dan tidak kembali melanggar hukum, agar mereka (warga binaan red) fokus dan

Jadikan Warga Binaan Mitra Kerja, BPJS Ketenagakerjaan Jalin Kerjasama dengan Rutan Karimun
TRIBUNBATAM.id/ELHADIF PUTRA
Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Karimun yang diwakili Andi Syahputra dan Kepala Rutan Kelas IIB Karimun Eri Erawan menunjukan MoU yang disepakati 

TRIBUNBATAM.id, KARIMUN - Sebagai langkah nyata untuk menjadikan warga binaan sebagai mitra kerja, BPJS Ketenagakerjaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menjalin kerja sama dengan Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Karimun.

Dalam kerjasama itu, dimana warga binaan sebagai mitra kerja dalam proses mengikuti program pembinaan dan mendapatkan jaminan sosial ketika menjadi mitra Rutan Karimun.

Kepala Rutan Kelas IIB Karimun Eri Erawan mengatakan bahwa tujuan dari kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan ini sebagai langkah nyata untuk menjadikan warga binaan sebagai mitra kerja.

Menurutunya, Rutan Kelas IIB Karimun memberikan pembinaan kemandirian dan pembinaan kepribadian untuk warga binaan. Dimana di harapkan saat bebas setelah menjalani hukuman dan kembali ke masyarakat bisa menerapkan serta melanjutkan pembinaan-pembnaan yang telah didapatkan di dalam Rutan.

"Diharapkan pembinaan yang didapat sebagai bekal melanjutkan kehidupannya dan tidak kembali melanggar hukum, agar mereka (warga binaan red) fokus dan benar-benar menjalani pembinaan dengan serius," katanya.

Terapkan Tata Kelola Baik, BPJS Ketenagakerjaan Sumbarriau Ajak Stakeholder Dukung Good Governance

Meninggal Sebagai Peserta BPJS Ketenagakerjaan Karimun, Ahli Waris Terima Hak-hak Imam Gazali

Pekerja PT MOS yang Meninggal Karena Terbakar Dapat Santunan dari BPJS Ketenagakerjaan

Aunur Rafiq Jalan Santai Bersama BPJS Ketenagakerjaan, Minta Seluruh Pekerja Jadi Anggota BPJS

"Kami memperlakukan warga binaan seperti layaknya karyawan dan mengganggap semuanya mitra. Sehingga tumbuh kepercayaan diri mereka untuk benar-benar bekerja dan bukan sifatnya iseng atau menghabiskan waktu saja selama di menjalani hukuman di Rutan," ujarnya.

Saat ini, kata Eri Erawan ada 22 warga binaan diikutkan dalam program BPJS Ketenagakerjaan Mandiri dengan pembiayaan dan usaha Koperasi Rutan Karimun.

"Harapan Kami dengan di ikutkan program ini warga binaan tidak merasa di eksploitasi tenaga mereka dan tidak lagi berfikir untuk macam-macam yang dapat menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Rutan yang nantinya akan merugikan mereka sendiri," katanya.

Sementara Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Karimun yang diwakili Andi Syahputra menjelaskan bahwa program ini merupakan program perdana kerjasama antar Rutan dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk wilayah Kepri, bahkan di Indonesia.

"Kita berharap kerja sama ini dapat ditiru oleh Lapas dan Rutan lainnya Indonesia. Karena ini merupakan bentuk kepedulian atas pentingnya jaminan sosial," katanya.

Terpisah Kepalaa Kanwil Kemenkumham Kepri melalui Kadiv Yankum Kanwil Kemenkumham Kepri, Darsyad memberikan apresiasi atas kerjasama Rutan Karimun dengan BPJS Ketenagakerjaan.

"Ini bisa di jadikan role model dalam proses pembinaan kemandirian warga binaan, dan juga tetap menjaga hak asasi mereka dengan memberikan jaminan BPJS Ketenagakerjaan tersebut," katanya.(tribunbatam.id/elhadif putra)

Penulis: Elhadif Putra
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved